DetikNews
Sabtu 31 Maret 2018, 16:50 WIB

Menhub Janjikan Mudik Gratis Jalur Laut untuk 30 Ribu Orang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Menhub Janjikan Mudik Gratis Jalur Laut untuk 30 Ribu Orang Menhub Budi Karya Sumadi dan Mensos Idrus Marham berada di Sragen hari ini. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sragen - Pemerintah kembali menggelar program mudik gratis pada lebaran Juni 2018 nanti. Selain mudik menggunakan bus dan kereta api, mudik gratis juga disediakan menggunakan kapal.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjanjikan akan menyediakan mudik gratis melalui jalur laut untuk lebih dari 30 ribu peserta.

"Tahun ini kita sediakan lebih dari 30 ribu peserta untuk mudik gratis jalur laut," kata Budi Karya di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Sragen, Sabtu (31/3/2018).

Budi berharap dengan semakin bervariasinya jalur untuk mudik, maka kemacetan lalu lintas pun tidak akan terjadi. Lebih lanjut, kecelakaan pun akan dapat semakin ditekan.

"Dengan adanya mudik jalur laut ini semoga kemacetan yang ada di darat bisa jadi jalur alternatif mudik," ujar dia.

Selain jalur laut, dia juga memastikan jalan tol Trans Jawa dapat digunakan sebagai jalur mudik pada saat lebaran nanti. Meski demikian, beberapa ruas masih digunakan sebagai jalur fungsional.

"Jakarta-Surabaya terkoneksi. Ada yang sifatnya masih fungsional. Tapi dengan ini menjadi semakin banyak variasi jalur mudik," ujarnya.

Tak hanya memperbanyak variasi jalur, Menhub juga menyiapkan strategi untuk mencegah kemacetan di darat, yakni dengan memperpanjang masa liburan siswa sekolah.

"Itu hari Senin dan Selasa nanti diusulkan libur saja. Jadi para siswa ini bisa berangkat mudik mulai Jumat," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed