DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 11:21 WIB

Walikota Yogya Tertibkan Warga yang Saksikan Gerebeg Maulud

Usman Hadi - detikNews
Walikota Yogya Tertibkan Warga yang Saksikan Gerebeg Maulud Wali Kota Yogyakarta tertibkan warga di Gerebeg Maulud di Masjid Gede Kauman.Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ikut menertibkan warga yang menyaksikan Gerebeg Maulud di depan Masjid Gede Kauman. Sesekali Haryadi menghampiri warga untuk memberikan arahan.

"Tolong yang lansia dan anak-anak di barisan paling depan. Tetapi jangan sampai menerobos barisan aparat," kata Haryadi kepada warga tepat di depan Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Jumat (1/12/2017).

Haryadi menerangkan, setidaknya ada 800-an aparat yang diterjunkan untuk mengamankan Gerebeg Maulud ini. Petugas keamanan tidak hanya dari kepolisian, tetapi juga TNI, Satpol PP, relawan dan masyarakat.

Walikota Yogya Tertibkan Warga yang Saksikan Gerebeg Maulud Wali Kota Yogyakarta menertibkan warga. Foto: Usman Hadi
"Karena gerebeg ini ramai, makanya kami menerjunkan aparat untuk berjaga-jaga. Prioritas kami adalah mengamankan anak-anak dan lansia. Ya semoga proses Gerebeg Maulud berjalan tertib, lancar dan aman," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar tradisi Gerebeg Maulud Nabi, Jumat (1/12/2017). Grebeg Maulud Nabi adalah upacara puncak dari perayaan Sekaten yang ditandai dengan keluarnya beberapa gunungan.‬

Grebeg Maulud Nabi tahun ini akan dikeluarkan delapan gunungan, satu di antaranya adalah Gunungan Bromo yang hanya dikeluarkan setiap delapan tahun sekali. Nantinya kedelapan gunungan ini dibawa dari Keraton ke Masjid Gede, Kepatihan dan Puro Pakualaman.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed