DetikNews
Jumat 22 September 2017, 14:56 WIB

Menteri Jonan Ziarah ke Makam Pahlawan Pertambangan Indonesia

Usman Hadi - detikNews
Menteri Jonan Ziarah ke Makam Pahlawan Pertambangan Indonesia Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, beserta jajaran Kementerian ESDM dan pejabat BUMN ziarah ke makam Arie F. Lasut, di TPU Sasana laya Yogyakarta. Ziarah dan tabur bunga ini dilakukan dalam rangka peringatan hari pertambangan dan energi Indonesia ke 72.

Acara ziarah dilakukan di makam Arie F. Lasut di TPU Sasana Laya di Jl Ireda, Kota Yogyakarta, Jumat (22/9/2017) siang.

Mengenakan jas dan celana hitam, sesampainya di pusara, Jonan langsung disambut pihak keluarga Lasut. Panitia kemudian membacakan riwayat singkat Arie Freederik Lasut. Selesai dibacakan riwayat Lasut, Jonan diikuti anggota keluarga Lasut menaburkan karangan bunga ke pusara Arie F. Lasut.
Menteri Jonan tabur bunga di makam Arie F. LasutMenteri Jonan tabur bunga di makam Arie F. Lasut Foto: Usman Hadi/detikcom


Arie F. Lasut adalah pahlawan nasional Indonesia, dia menjadi kepala jawatan pertambangan di Bandung sejak Jepang kalah hingga awal kemerdekaan.

Pada saat ibukota Republik Indonesia (RI) berpindah di Yogyakarta, dia memimpin Jawatan Pertambangan dan Geologi. Kantor jawatan terpaksa harus dipindah beberapa kali dari Tasikmalaya, Magelang, dan Yogyakarta hingga kembali ke tempat semula di Bandung.

Arie F Lasut lahir di Minahasa, Sulawesi Utara pada tanggal 6 Juli 1918. Kemudian dalam perjalanan karirnya dia ahli bidang studi geologi.

Pada saat di Yogyakarta pada tanggal 7 Mei 1949, dia diculik dan ditangkap Belanda. Dia kemudian ditembak mati di Jl Pakem (Kaliurang) Sleman.

Jenazah Lasut kemudian di makamkan di TPU Sasana Laya Yogyakarta. Dia dimakamkan di samping istrinya yang telah mendahuluinya pada tahun 1947.

Karena jasa-jasanya di bidang pertambangan dan geologi tersebut, Lasut dianugerahi gelar pahlawan kemerdekaan nasional, lewat keputusan presiden nomor 012/TK/tahun 1969 tanggal 20 Mei 1969.
  • Menteri Jonan Ziarah ke Makam Pahlawan Pertambangan Indonesia
    Foto: Usman Hadi/detikcom
  • Menteri Jonan Ziarah ke Makam Pahlawan Pertambangan Indonesia
    Foto: Usman Hadi/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed