DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:44 WIB

Berkas Persyaratan dari Keraton dan Puro Pakualaman Sudah Lengkap

Edzan Raharjo - detikNews
Berkas Persyaratan dari Keraton dan Puro Pakualaman Sudah Lengkap Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Keraton Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Puro Pakualaman telah menyerahkan berkas persyaratan pencalonan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Sri Paduka Pakualam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Berkas persyaratan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk masa jabatan 2017-2022 telah diserahkan ke DPRD DIY di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (17/7/2017).

Berkas persyaratan untuk Sri Sultan HB X diantar oleh putrinya GKR Mangkubumi yang mewakili Penghageng Panitropuro. Sementara berkas pencalonan Sri Paduka Pakualam X diserahkan oleh KPH Kusumo Parasto mewakili Penghageng Kawedanan Kasentanan Puro Pakualaman. Berkas tersebut kemudian dicek kelengkapanya oleh Panitia Khusus Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

"Berkas persyaratan yang dikirim baik dari Keraton dan Puro Pakualaman keduanya sudah lengkap. Sebagai kelengkapan dari proses administrasi in,i kami akan menyerahkan berita acara kelengkapan dari persyaratan," kata Ketua Pansus penetapan yang juga Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung laksono kepada wartawan di DPRD DIY.

Yoeke mengatakan untuk hari ini hanya dilakukan pengecekan kelengkapan dan belum verifikasi. Kemudian mulai tanggal 17-25 Juli agenda dari pansus yang sudah dipersiapkan yakni cek list, verifikasi, konsultasi pada Dirjen Otda, Kemendagri. Pada tanggal 25 Juli sudah bisa membuat hasil verifikasi dan berita acara penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

"Penandatangan berita acara penetapan calon Gubernur dan Wagub yang isinya hasil dari verifikasi itu adalah pada tanggal 25 Juli. Ini sesuai dengan Pasal 12 ayat 2 dan 4 Perda Keistimewaan tentang tata cara pengisian jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY," kata Yoeke.
  • Berkas Persyaratan dari Keraton dan Puro Pakualaman Sudah Lengkap
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom
  • Berkas Persyaratan dari Keraton dan Puro Pakualaman Sudah Lengkap
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed