DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:21 WIB

Konflik Sekolah Bhinneka Yogya Diadukan ke Ombudsman

Usman Hadi - detikNews
Konflik Sekolah Bhinneka Yogya Diadukan ke Ombudsman Proses belajar siswa Sekolah Bhinneka di pengungsian. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Konflik internal Yayasan Sekolah Bhinneka Tunggal Ika Yogya, secara resmi telah diadukan ke Ombudsman RI Perwakilan DIY. Kasus ini bakal diusut Ombudsman karena menyangkut layanan publik.

"Tadi yang datang (mengadu) ke kami dari guru dan komite sekolah. Ke kantor (ORI DIY) jam 14.30 WIB, kalau tidak salah 3 orang," jelas Asisten Bidang Penanganan Laporan Ombudsman RI Perwakilan DIY, Nugroho Andriyanto kepada detikcom, Senin (17/7/2017).

Nugroho mengakui ORI Yogyakarta tidak punya wewenang mengurusi persoalan internal yayasan. Pihaknya akan fokus pada proses penyelenggaraan layanan publiknya. Orang tua wali murid dan guru juga sudah melapor ke dinas namun belum ada tindak lanjut penyelesaian.

"Kami akan mencari tahu tindakan apa yang dilakukan dinas, dalam rangka menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan komite (sekolah)," lanjutnya.

Saat ditanya apakah Ombudsman bakal memfasilitasi untuk mediasi kubu yang bertikai, Nugroho belum memastikan. Pihaknya masih akan fokus mengumpulkan data dan dokumen penunjang dalam mengusut kasus ini.

"Memang itu kewenangan Ombudsman untuk melakukan mediasi. Tapi kan kami baru menerima laporan. Kami masih akan mengumpulkan data dan informasi. Kami masih fokus melengkapi data dokumen dan beberapa keterangan," kilahnya.

Seperti diketahui, sebanyak 64 siswa SD dan SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogya melangsungkan aktivitas belajar di Ndalem Notoprajan. Sebagai damoak persoalan internal yayasan, orang tua siswa dan para guru yang dipecat yayasan memindahkan kegiatan belajar di Ndalem Notoprajan.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed