DetikNews
Senin 19 Juni 2017, 19:18 WIB

Baru Dibuka, Tol Fungsional Brebes-Batang Diserbu Pemudik

Imam Suripto - detikNews
Baru Dibuka, Tol Fungsional Brebes-Batang Diserbu Pemudik Kapolda Jawa Tengah di Jalur Tol Fungsional Brebes-Gringsing. Foto: Imam Suripto
Brebes - Jalan tol fungsional dari Kaligangsa Brebes hingga Gringsing Batang, Jawa Tengah, resmi dibuka untuk jalur mudik 2017, pada senin (19/6/2017) sore. Ratusan pemudik langsung memadati 8 gardu yang disediakan oleh pengelola jalan tol.

Pembukaan jalan bebas hambatan sepanjang 110 km itu untuk mengurai kemacetan di tol Brebes timur saat arus mudik lebaran 2017 ini.

Berfungsinya tol sementara itu mendapat respon positif dari pemudik. Ratusan kendaraan pemudik langsung antre di gerbang tol sebagai pintu masuk ke tol fungsional tersebut. Bahkan, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, sempat membantu melayani pemudik yang akan melintas di tol Brebes-Pemalang-Batang di loket pembayaran, sambil memberikan imbauan agar berhati-hati melintasi jalan tol fungsional.

Dengan dibukanya gerbang tol di Kaligangsa Brebes, kendaraan yang keluar melalui pintu tol Brebes timur atau Breksit terpantau lebih lancar. Sebab, sebagian kendaraan pemudik dengan tujuan Semarang dan kota kota di Jawa Timur lebih mamanfaatkan tol yang baru dibuka tersebut.

"Saya mau ke Surabaya ini, kebetulan dengan adanya tol ini sangat membantu kelancaran. Tidak masalah dengan kecepatan 40 km, ini sangat nyaman sekali kok," ujar Ibrahim (58) Pemudik asal Jakarta.

Dalam pembukaan tol fungsional ini, Kapolda Jawa Tengah, mengimbau agar pemudik yang melintas di tol fungsional tidak saling mendahului apalagi kebut-kebutan.

Kecepatan dianjurkan tak melebihi 40 km per jam. Dengan jarak 110 km, pemudik bisa mencapai pintu keluar gringsing dalam waktu 3 jam.

"Masyarakat antusias menggunakan tol fungsional dari Brebes menuju Gringsing. Rata mereka tujuan Surabaya Temanggung dan Semarang. Pada awal keberangkatan memang kita lakukan pengawalan sekaligus mengarahkan agar mereka tahu batas kecepatan 40 km per jam," katanya.

Sepanjang jalan tol fungsional, menurut Kapolda Jawa Tengah, telah disediakan penerangan. Petugas telah memasang sebanyak 29 lampu SAR yang dipasang setiap 4 km dan dapat menerangi hingga radius 100 meter.

Selain itu, setiap 5 km akan ada mobil patroli Polisi Jalan Raya (PJR), terutama malam hari untuk memberikan tanda agar lebih berhati-hati.

"Kami juga sudah sosialisasikan terus kepada pemudik, karena untuk tol fungsional ini masih ada perlintasan yang melalui rumah-rumah penduduk," tandasnya

Untuk melayani pemudik yang melintasi jalan tol fungsional, pengelola tol Pejagan Pemalang, memasang delapan gardu. Gardu ini untuk melayani transaksi terakhir para pemudik. Dengan delapan gardu ini diharapkan bisa melayani 35 ribu sampai 40 ribu pemudik tiap hari.

"Ada delapan gardu dengan kemampuan 35 sampai 40 ribu pemudik per hari. Kalo estimasi dari Palimanan 67 ribu, maka dengan perkiraan separuhnya masuk disini maka bisa kita layani semua dengan mudah," papar Zumaliyan Iskandar, Kepala Cabang Tol Pejagan Pemalang.

Sedangkan volume kendaraan pada H-6 lebaran, saat ini sudah tampak peningkatan volume kendaraan yang signifikan. Pada kondisi normal di Brexit ada sebanyak 17.000 kendaraan yang melintas. Tetapi saat ini sudah mencapai 26.000 kendaraan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed