DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 12:41 WIB

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres, MUI Jabar: Kami Tetap Netral

Mochamad Solehudin - detikNews
Maruf Amin Jadi Cawapres, MUI Jabar: Kami Tetap Netral KH Ma'ruf Amin (Eva-detikcom)
Bandung - MUI Jabar sambut baik penunjukan Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Penunjukan ini sekaligus menjawab tudingan Jokowi jauh dengan ulama tidak benar.

"Kita menyambut baik, bergembira bahwa ketua umum kami dipercaya untuk menjadi pendamping Pak Jokowi," kata Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar saat dihubungi via telepon, Jumat (10/8/2018).


Menurut Rafani, Ma'ruf Amin sangat layak untuk menjadi calon pemimpin bangsa. Dia mewakili kelompok ulama yang bisa mempersatukan masyarakat yang saat ini sedikit terbelah.

"Anggapan Pak Jokowi jauh dengan ulama sudah terbantahkan. KH Ma'ruf Amin juga bukan ulama biasa. Beliau orang besar. Ini bisa menjadi pemersatu. Karena politik identitas semakin menguat. Dengan adanya Kiai Ma'ruf Amin bisa menjadi pemersatu," ucapnya.

Meski begitu, Rafani menegaskan, MUI Jabar akan tetap netral pada Pilpres nanti. Karena MUI tidak masuk dalam politik praktis. Pihaknya mengklaim tidak akan memobilisasi massa demi kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Secara kelembagaan MUI jelas netral, tidak akan mendukung dan tidak menjadi alat untuk memobilisasi. Tapi secara personal pengurus MUI, silahkan. Apalagi ada ketua yang diusung, tentu akan mendorong secara pribadi tanpa mewakili kelembagaan," kata Rafani.



Saksikan juga video 'Tokoh dan Relawan Sambut Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung Joang':

[Gambas:Video 20detik]


(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed