DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 23:16 WIB

Selama Ramadan, Polisi Sebut Angka Kejahatan di Bandung Menurun

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selama Ramadan, Polisi Sebut Angka Kejahatan di Bandung Menurun Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polrestabes Bandung menyebut angka kriminalitas menurun selama bulan ramadan 2018. Angka kriminalitas turun 31 persen dibandingkan sebelum ramadan.

"Perlu disampaikan bahwa selama bulan suci ramadan atau operasi ketupat, secara umum kriminalitas di Kota Bandung menurun," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jabar, Rabu (13/6/2018).

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (Anev), dalam kurun waktu 31 Mei sampai 6 Juni 2018 misalnya, tingkat kriminalitas di Kota Bandung mencapai 83 kasus.

"Sementara dari 7 Juni sampai hari ini jumlah kejadian turun drastis mencapai 59 persen," katanya.

Hendro menuturkan penurunan angka tersebut berkat digelarnya pasukan di jalan. Termasuk patroli skala besar ke setiap penjuru wilayah Kota Bandung.

Kendati demikian, polisi masih tetap mewaspadai potensi tindak pidana lain saat libur lebaran. Beberapa tindak pidana seperti pencurian rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya mudik, aksi pencopetan di tempat ramai berpotensi terjadi saat libur lebaran hingga begal terhadap wisatawan.

"Oleh karena itu kita berpesan kepada yang mau mudik atau meninggalkan rumahnya agar benar-benar dicek dan terkunci aman. Titipkan tetangga yang tidak mudik dan lapor ke RT agar disampaikan ke Bhabinkamtibmas di lapangan. Nanti akan kita patroli," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga sudah menggelar personel untuk mengantisipasi tindak pidana pencopetan hingga aksi begal. Personel telah disiagakan di sejumlah tempat umum untuk mencegah tindak pidana.

"Kita sampaikan masyarakat atau wisatawan tidak perlu khawatir. Kota Bandung aman bagi masyarakat, tetapi tidak aman bagi pelaku kejahatan," tegas Hendro.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed