DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 17:25 WIB

Macet 27 Km, Polisi Berlakukan One Way di Jalur Limbangan Garut

Hakim Ghani - detikNews
Macet 27 Km, Polisi Berlakukan One Way di Jalur Limbangan Garut Kemacetan mulai dari jalur Nagreg hingga Lewo Limbangan hingga 27 kilometer/Foto: Wisma Putra
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Garut - Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Limbangan-Malangbong tak terelakkan. Aktivitas pasar di kawasan Lewo, Malangbong, menjadi penyebab kemacetan. Polisi pun akhirnya melakukan sistem satu arah atau one way sepanjang 27 kilometer.

Kasatlantas Polres Garut AKP Erik Bangun mengatakan terjadi kemacetan panjang mulai dari Nagreg hingga kawasan Lewo, Malangbong, Rabu (13/06/18) pagi hingga siang tadi. "Arus lalu lintas terhalang aktivitas Pasar Lewo," ujar Erik kepada wartawan di Pos Pelayanan Polres Garut, Jalan Raya Limbangan, Rabu (13/06/18).

Pasar Lewo merupakan pasar tumpah yang hadir setiap hari rabu. Kendaraan yang melalui kawasan ini tersendat karena aktivitas pasar terjadi hingga memakan bahu jalan.

Untuk mengurai kemacetan sepanjang 27 kilometer, akhirnya diberlakukan sistem one way. "Alhamdulillah, (macet) 27 kilometer bisa terurai dengan sistem satu arah," katanya.

Sistem satu arah yang berhasil mengurai kemacetan sepanjang 27 kilometer berlangsung satu setengah jam. Upaya sistem satu arah dilakukan pada jalur Bandung mengarah Tasik.

"Berlangsung dari pukul 13.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB," katanya.

Erik mengatakan pihaknya terus berupaya untuk mengatasi macet di jalur Limbangan-Malangbong. Hingga pukul 16.40 WIB ini, polisi telah memberlakukan 3 kali one way.

"Di jalur Kadungora-Leles juga sama. Kita lakukan sistem satu arah untuk mengurai kemacetan, dan alhamdulillah berhasil. Cara ini memang cara efektif untuk mengurai kemacetan di jalur Garut," pungkas Erik.


(ern/ern)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed