DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 12:23 WIB

Cerita Mudik, Minta Restu Hingga Minta Maaf Belum Bisa Bawa Mantu

Sudirman Wamad - detikNews
Cerita Mudik, Minta Restu Hingga Minta Maaf Belum Bisa Bawa Mantu Foto: Sudirman Wamad
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Cirebon - Momen mudik lebaran memang menyimpan banyak kisah menarik. Detikcom merekam tingkah lucu para pemudik yang melintas di jalur Pantura Cirebon.

Ekspresi lucu para pemudik itu dicurahkan melalui tulisan-tulisan. Ada yang meminta restu dan doa agar perjalanan mudiknya lancar dan selamat sampai kampung halaman.

"Bismilahirrahmanirrahim. Mak pendongane mudik ning Cirebon (Mak, minta doanya mudik ke Cirebon," bunyi tulisan yang terbaca di belakang motor seorang pemudik yang melintas di Cirebon.

Selain permintaan maaf dan doa, ada juga yang mencurahkan isi hatinya yang berhasil move on dari mantan kekasihnya. "Mudik itu ke kampung halaman bukan ke hati mantan," tulis salah seorang pemudik.

Salah seorang pemudik ada yang mencurahkan rasa kerinduannya terhadap kampung halaman. Pemudik ini menggunakan sepanggal lirik lagu pulang milik Armada Band.

"Mudik Bekasi-Brebes, pulang maluh tak pulang rinduh," tulis pemudik asal Brebes.

Cerita Mudik, Minta Restu Hingga Minta Maaf Belum Bisa Bawa MantuFoto: Sudirman Wamad

Saling mengingat ke sesama pemudik untuk tetap mengutamakan salat dan keselamatan juga dicurahkan melalui tulisan. Indahnya saling mengingat. Sederhana tapi berharga.

"Utamakan keselamatan mr Broo," tulis salah seorang pemudik. Dalam tulisan tersebut disisipi juga emot senyum.

"Warning, utamakan salat. Orang ngapak, ora kepenak," tulis pemudik lainnya.

Nah, selain tulisan meminta restu, kerinduan ke kampung halaman, saling mengingatkan ke sama pemudik untuk tetap mengutamakan keselamatan. Ada juga pemudik yang meminta maaf ke orang tuanya karena belum mendapatkan pasangan hidup. Desta (32) pemudik asal Yogjakarta itu mencurahkan permintaan maafnya ke orang tuanya.

"Mamake, ngapurane. Anakmu mulih ora nggowo calon mantu (Ibu, maaf. Anakmu pulang belum bisa bawa calon mantu," kata Desta dalam tulisannya yang ditempel di tasnya.

Desta mengatakan tulisan tersebut merupakan ekspresinya. Selain itu, tulisannya itu juga ungkapa lucu-lucuanya agar menarik pemudik lain.

"Biar pemudik lain tidak mengantuk kalau baca tulisan ini, lucu-lucuan saja. Sekalian minta maaf belum bisa bawa mantu," kata Desta seraya tersenyum kepada detikcom di lampu merah Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Selasa (12/6/2018).

Ojek online (Ojol) juga ikut meramaikan momen mudik. "Mohon jaga jarak, Ojol pulang kampung (pulkam)," bunyi tulisan yang disimpan di belakang motor itu.
Cerita Mudik, Minta Restu Hingga Minta Maaf Belum Bisa Bawa MantuFoto: Sudirman Wamad

(ern/ern)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed