DetikNews
Selasa 17 April 2018, 10:52 WIB

Big Bos Miras Maut Buron, Sang Istri yang Ditahan Tidak Kooperatif

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Big Bos Miras Maut Buron, Sang Istri yang Ditahan Tidak Kooperatif Syamsudin Simbolon/Foto: istimewa
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Bandung - Syamsudin Simbolon, big bos minuman keras (miras) maut yang menewaskan 44 warga Cicalengka masih buron. Sementara istrinya Hamciak Manik dibui. Hamciak dan dua pegawai Julianto Silalahi dan Willy telah ditetapkan tersangka dan ditahan.

Polisi menyebut para tersangka tidak kooperatif. "Ada ketidakkooperatifan, tidak sepenuhnya kooperatif," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko kepada detikcom via sambungan telepon, Selasa (17/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]



Kurang kooperatifnya para tersangka ini, sambung Truno terlihat dari saat penangkapan. Istri Syamsudin Simbolon beserta dua pegawainya tidak memberikan informasi soal keberadaan bunker di rumah mewah di Cicalengka. Justru polisi yang mengetahui sendiri.

"Dari mulai bungker ditemukan, kan sudah jelas saat dia ditetapkan sebagai tersangka, setelah lama baru diketahui seminggu kemudian (ada bunker)," tuturnya.


Meski begitu Truno menyebut tidak ada kendala dalam proses penyidikan kasus ini. Termasuk dalam hal memburu big bos Syamsudin Simbolon. Penyidik dari Dit Res Narkoba Polda Jabar dan Polres Bandung tengah memburu Syamsudin yang informasi terakhirnya berada di luar Jawa.

"Enggak ada, sejauh ini penyidik kita masih di lapangan kok," ungkapnya.

Polisi menetapkan Syamsudin sebagai buronan kasus miras. Pria tersebut mendistribusi dan membuat miras oplosan.

Miras tersebut mematikan. Tercatat 45 orang warga Kabupaten Bandung tewas usai menenggak miras yang disebut-sebut berjenis ginseng.


(ern/ern)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed