DetikNews
Senin 16 April 2018, 13:57 WIB

Tim Investigasi Dibatasi Sepekan Telusuri Napi Peras Wanita Bugil

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Tim Investigasi Dibatasi Sepekan Telusuri Napi Peras Wanita Bugil Foto: Lapas Jelekong Bandung. (Wisma Putra/detikcom).
Bandung - Tim investigasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) masih melakukan penelusuran terkait kasus pemerasan terhadap wanita bugil yang dilakukan narapidana lembaga pemasyarakatan (lapas) Jelekong. Tim diberikan waktu sepekan untuk mengungkap temuan tersebut.

"Tim investigasi batasnya sampai minggu depan," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM Jabar Indro Purwoko saat dihubungi via telepon genggamnya, Senin (16/4/2018).

Indro menuturkan tim yang berasal dari inspektorat Kemenkum HAM tersebut akan menelusuri sejauh mana kasus tersebut terjadi. Termasuk menelusuri jumlah napi yang melakukan hal serupa. Sebab, dari keterangan yang ia dapat, banyak napi yang juga melakukan hal sama.

Selain itu, tim juga akan membuktikan pernyataan napi yang menyebut adanya keterlibatan petugas lapas. Para petugas disebutkan mendapat 'persenan' dari hasil pemerasan.

"Sudah dikroscek, tapi memang belum ada pengakuan," kata Indro.

Seperti diketahui, kasus pemerasan dengan modus menyebar video bugil korban terbongkar. Satreskrim Polrestabes Bandung membekuk tiga orang napi ID alias Mencos (25), JN alias Ijam (30) dan FA alias Ape (29).

Dalam aksinya, trio napi ini menggunakan media sosial. Mereka memasang foto pria tampan berseragam hingga duda gendong anak. Perkenalan via medsos berujung ke aksi video call. Rekaman bugil korban, jadi senjata napi untuk meraup pundi-pundi uang. Hasil yang didapat bisa mencapai ratusan juta rupiah.



(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed