DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 11:11 WIB

Ribuan Jamaah Ikuti Bandung Lautan Mengaji

Mochamad Solehudin - detikNews
Ribuan Jamaah Ikuti Bandung Lautan Mengaji Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Ribuan jamaah hadiri Bandung Lautan Mengaji, di Masjid Raya Bandung Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Sabtu (20/5/2017). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Inisiator Nusantara Mengaji Muhamin Iskandar.

Sejak subuh, ribuan jamaah dari berbagai daerah di Jawa Barat sudah memadati area masjid. Terlihat mereka teratur membentuk shaf untuk mengikuti sejumlah kegiatan yang disiapkan pihak panitia.

Acara diawali dengan salat tahajud bersama. Kemudian melaksanakan 1.000 khataman Alquran. Setelah itu selesai, jamaah langsung bersiap-siap melaksanakan salat subuh berjamaah.

Selanjutnya ribuan peserta tersebut melakukan jalan santai dari Masjid Raya Bandung Jawa Barat menuju Lapangan Tegalega. Muhaimin Iskandar selaku inisiator Nusantara Mengaji juga turut serta dalam gerak jalan tersebut.

Ribuan Jamaah Ikuti Bandung Lautan MengajiFoto: Mochamad Solehudin


Menurut Muhaimin, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan hati umat Islam di Indonesia. Melalui Alquran pihaknya mengajak semua Islam di Indonesia untuk bersatu dan tidak terpecah belah seperti yang terjadi sekarang ini.

"Alquran punya energi sekaligus mampu menyatukan hati umat Islam di Indonesia. Dengan khataman Alquran bersama bisa menjaga persatuan," katanya, saat ditemui di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Sabtu (20/5).

Lebih jauh, menurut dia, melalui kegiatan ini juga bisa menangkal radikalisme. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Bandung. Tapi akan dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia.

"Perbedaan ancaman kekerasan disintegrasi tidak akan terjadi. Insya Allah acara Papua kami akan jalankan. Target seluruh umat agar tidak mudah terpecah belah. Tapi lebih cinta NKRI," katanya.

Di lokasi yang sama, Koordinator Wilayah Nusantara Mengaji Jawa Barat, Cucun A Syamsurijal menyatakan, kegiatan ini untuk menumbuhkan kembali semangat umat muslim khususnya anak muda dalam membaca Alquran. Pasalnya, semangat anak muda membaca Alquran sudah berkurang.

"Berdasarkan catatan anak muda semangat mengajinya berkurang. Melalui kegiatan ini ingin menggairahkan lagi semangat mengaji anak muda di Indonesia," ujarnya.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed