DetikNews
Sabtu 13 Mei 2017, 21:04 WIB

Aksi Lilin untuk Indonesia di Bandung Berlangsung Damai

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Aksi Lilin untuk Indonesia di Bandung Berlangsung Damai Foto: lAksi nyalakan lilin di Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Aksi penyalaan lilin di depan Gedung Sate berlangsung damai. Polisi kemudian meminta massa membubarkan diri dengan tertib karena waktu aksi sudah habis.

Bunyi peluit polisi memecah kerumunan massa yang tengah memegang sebatang lilin di halaman Gasibu Bandung, depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (13/5/2017) sekitar pukul 19.00 WIB.

Meski sudah diberi peringatan oleh polisi, massa tidak langsung membubarkan diri. Mereka tetap memegang lilin yang masih menyala sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Indonesia Pusaka. Polisi terus berupaya membubarkan massa. Polisi mengimbau massa untuk mematikan lilin yang masih menyala dan meninggalkan lokasi. Massa baru benar-benar bubar sekitar pukul 20.00 WIB.

"Tolong lilinnya dimatikan ya, dimatikan saja," ucap polisi ke arah massa.

Massa akhirnya mengikuti peringatan dari polisi. Mereka mematikan lilinnya dan satu persatu meninggalkan lokasi digelarnya kegiatan penyalaan lilin yang dimaksudkan sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi sosial dan politik di Indonesia itu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, pembubaran aksi penyalaan lilin ini dilakukan lantaran sudah melebihi batas waktu. Berdasarkan surat pemberitahuan yang ia terima, aksi penyalaan lilin hanya sampai pukul 18.00 WIB.

"Surat pemberitahuannya sudah ada, tetapi sampai pukul 18.00 WIB. Aspirasi-aspirasi mereka sudah disuarakan, sehingga harus membubarkan diri. Kita beri peringatan secara persuasif," ucap Hendro saat ditemui di lokasi.

Selain karena batas waktu yang telah habis, sambung Hendro, pembubaran juga dilakukan untuk mengantisipasi munculnya kelompok massa yang kontra terhadap massa yang menyalakan lilin.

"Memang ada masyarakat Bandung lainnya yang ingin Bandung ini tetap kondusif. Mereka ingin jangan sampai permasalahan di Jakarta dibawa ke Bandung," katanya.

Hingga pukul 20.15 WIB, massa yang melakukan aksi penyalaan lilin sudah membubarkan diri. Secara keseluruhan, aksi berlangsung damai. Meski demikian, sejumlah polisi masih berjaga di sekitar lokasi.



(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed