DetikNews
Selasa 25 Februari 2014, 18:28 WIB

Serunya Uji Coba Bus Wisata 'Bandros' Keliling Bandung

- detikNews
Serunya Uji Coba Bus Wisata Bandros Keliling Bandung
Bandung -

Warga Bandung dibuat terkesima dengan kemunculan Bus 'Bandros' (Bandung tour on bus) yang berkeliling ke sejumlah ruas jalan di Kota Bandung, Selasa (25/2/2014). Warga antusias melihat bus berwarna merah dengan desain klasik tersebut.

Bus ini belum beroperasi. Hari ini bus sedang diuji cobakan oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung (BP2KB) untuk mengetes jarak tempuh juga proporsional bus yang memiliki tingkat dua tersebut.

Bus melaju dari Taman Pustaka Bunga, Jalan Cilaki pukul 13.35 WIB. Bus kemudian tur keliling Bandung melalui rute Jalan Supratman-Diponegoro-Gedung Sate-Jembatan Pasupati-Cihampelas-Cipaganti-Wastukancana-Merdeka-Aceh-Banda-LRE Martadinata dan kembali ke Taman Pustaka Bunga sekitar pukul 15.35.

Sepanjang jalan, salah satu pemandu wisata Budi Triono sekilas menjelaskan beberapa bangunan atau sejarah Kota Bandung dari jalan yang dilewati.

Menurut Ketua BP2KB, Nico Lumanau, uji coba ini untuk mengetes kesiapan bus agar secepatnya bisa diperasikan untuk mengangkut para wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

"Ini sudah menuju final, nanti akan diperbaiki lagi lantainya, juga nanti pemandu wisatanya diberi safety belt," ujar Nico usai uji coba bus di Jalan Cilaki, Selasa (25/2/2014).

Uji coba ini juga sekaligus mengetes apakah bus tingkat dua ini aman melintas dengan situasi Bandung yang banyak kabel melintang dan ranting-ranting pohon yang cukup rendah.

"Kalau kabel sih aman, kalau ranting pohon memang perlu dicukur sedikit. Tapi nanti juga rencananya akan ada penutupnya, biar tidak kehujanan," jelas Nico.

Bus berkapasitas 30 orang ini dimaksimalkan di lantai dua. Sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri.

"Bus ini gratis, asal menunjukan struk belanja di Bandung saja. Rencananya beroperasi pukul tujuh pagi sampai jam 10 pagi," ujarnya.


(avi/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed