ADVERTISEMENT

Ratusan Keluarga di Korut Alami Penyakit Pencernaan Misterius

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 16:10 WIB
Korea Utara terapkan lockdown nasional usai mengkonfirmasi kasus COVID-19 untuk pertama kalinya. Kasus subvarian Omicron BA.2 itu terdeteksi di Pyongyang.
Ilustrasi -- Korut dilanda wabah penyakit pencernaan saat sistem layanan kesehatannya tengah dibebani oleh wabah virus Corona (dok. AP Photo/Jon Chol Jin)

Jika dikonfirmasi, wabah itu bisa memperburuk kekurangan pangan kronis yang telah melanda Korut, karena Provinsi Hwanghae Selatan merupakan salah satu area pertanian utama di Korut.

Para pakar telah memperingatkan adanya situasi darurat kesehatan besar di Korut, yang diketahui memiliki salah satu sistem layanan medis terburuk di dunia, jika Corona semakin menyebar luas.

Korut yang tergolong sebagai negara miskin ini memiliki rumah-rumah sakit dengan peralatan yang kurang lengkap, dengan hanya sedikit unit perawatan intensif dan tidak memiliki obat-obatan untuk perawatan COVID-19 atau kemampuan tes Corona massal.

"Dengan infrastruktur medis Korea Utara yang sudah sangat ketinggalan zaman, sebuah penyakit pencernaan akut bisa muncul kapan saja," sebut seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea di Seoul.

Korsel, sebut pejabat itu, bersedia untuk membantu Korut dalam menangani wabah baru jika negara tetangganya itu bersedia menerima bantuan. Korsel sebelumnya menawarkan bantuan vaksin Corona dan bantuan medis lainnya kepada Korut untuk membantu penanganan wabah Corona, namun ditolak oleh Korut.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT