Gempa M 6,1 Guncang Timor Leste, Picu Peringatan Tsunami

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 11:36 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Dili -

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,1 mengguncang wilayah lepas pantai timur Timor Leste pada Jumat (27/5) waktu setempat. Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini, namun peringatan tsunami telah dirilis.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/5/2022), badan Survei Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS melaporkan bahwa gempa itu berpusat di kedalaman 51,4 kilometer di ujung timur Pulau Timor, yang memisahkan Timor Leste dan Indonesia.

Sistem Peringatan dan Mitigasi Tsunami Samudra Hindia (IOTWMS) merilis peringatan tsunami untuk kawasan tersebut.

Badan peringatan tsunami tersebut menyebut gempa itu 'mungkin mampu memicu tsunami yang berdampak pada kawasan Samudra Hindia'.

Seorang jurnalis AFP yang ada di Dili melaporkan turut merasakan gempa bumi itu, namun terasa 'sangat cepat'.

"Orang-orang melakukan aktivitas mereka seperti biasa," kata jurnalis itu.

Timor Leste dan Indonesia diketahui berada di area 'Cincin Api' Pasifik, lengkung aktivitas seismik intens yang membentang di sepanjang Asia Tenggara dan cekungan Pasifik.

Timor Leste yang berpenduduk 1,3 juta jiwa ini merupakan negara termuda di kawasan Asia Tenggara. Timor Leste baru-baru ini memperingati 20 tahun merdeka dari Indonesia.

Perekonomian Timor Leste terdampak parah oleh pandemi virus Corona (COVID-19), dengan Bank Dunia menyatakan 42 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Simak juga video '500 Gempa dalam Sebulan, Jokowi Sebut RI Negara Rawan Bencana di GPDRR':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)