Putin Beri Peringatan 'Kiamat' ke Barat, AS Kirim Bantuan Rp 2,1 T ke Ukraina

ADVERTISEMENT

International Updates

Putin Beri Peringatan 'Kiamat' ke Barat, AS Kirim Bantuan Rp 2,1 T ke Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 19:23 WIB
Russian President Vladimir Putin addresses the Federal Assembly, including the State Duma parliamentarians, members of the Federation Council, regional governors and other high-ranking officials, in Moscow, Russia February 20, 2019.  Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin akan memberikan peringatan 'hari kiamat' untuk negara-negara Barat saat perayaan 77 tahun kemenangan Uni Soviet dalam Perang Dunia II pada 9 Mei. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bantuan senjata tambahan senilai US$ 150 juta (Rp 2,1 triliun) untuk Ukraina.

Peringatan itu akan disampaikan Putin melalui parade militer pada Senin (9/5) mendatang, yang menurut Kementerian Pertahanan Rusia akan melibatkan pesawat komando 'hari kiamat' Il-80 yang mengudara di atas Katedral St Basil di Moskow -- momen pertama kali sejak tahun 2010.

Sementara dalam bantuan senjata terbaru yang diumumkan pada Jumat (6/5) waktu setempat, AS akan memberikan amunisi artileri tambahan, juga radar dan peralatan militer lainnya kepada Ukraina yang tengah diinvasi Rusia.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (7/5/2022):

- Putin Beri Peringatan 'Hari Kiamat' ke Barat Saat Parade Kemenangan PD II

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengirimkan peringatan bernada 'hari kiamat' kepada negara-negara Barat saat memimpin perayaan 77 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II pada 9 Mei mendatang.

Rusia akan memamerkan persenjataan besar mereka sementara pasukannya terus bertempur di Ukraina, dalam apa yang disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' sejak 24 Februari lalu. Demikian seperti dilansir Reuters, Sabtu (7/5/2022).

Terus memberikan sikap menentang saat menghadapi isolasi Barat sejak memerintahkan invasi ke Ukraina, Putin dijadwalkan akan berpidato di Lapangan Merah, Moskow, sebelum parade yang menampilkan tentara, tank, roket dan rudal balistik antarbenua digelar pada Senin (9/5) mendatang.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa jet tempur supersonik, pesawat pengebom strategis Tu-160, dan pesawat komando 'hari kiamat' Il-80 akan mengudara di atas Katedral St Basil dalam parade 9 Mei.

- Biden Umumkan Bantuan Senjata Terbaru Rp 2,1 Triliun untuk Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani paket persenjataan baru senilai US$ 150 juta (Rp 2,1 triliun) untuk Ukraina pada Jumat (6/5) waktu setempat. Dengan bantuan terbaru, AS memberikan amunisi artileri tambahan, juga radar dan peralatan militer lainnya kepada Ukraina yang tengah diinvasi Rusia.

"Hari ini, Amerika Serikat terus melanjutkan dukungan kuat untuk rakyat Ukraina yang berani saat mereka membela negara mereka melawan agresi Rusia yang sedang berlangsung," ucap Biden dalam pernyataannya pada Jumat (6/5), seperti dilansir Reuters, Sabtu (7/5/2022).

AS diketahui telah mengirimkan persenjataan senilai total US$ 3,4 miliar kepada Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari. Persenjataan yang diberikan AS itu mencakup howitzer, sistem antipesawat Stinger, rudal antitank Javelin, amunisi dan pesawat tak berawak atau drone 'Ghost'.

- Lagi, Korea Utara Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan sebuah proyektil tak teridentifikasi dari wilayahnya, yang terjatuh di perairan laut timur pada akhir pekan ini. Dua negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, sama-sama menduga kuat bahwa proyektil itu merupakan rudal balistik.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (7/5/2022), Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel melaporkan bahwa sebuah proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korut pada Sabtu (7/5) waktu setempat. Disebutkan juga bahwa proyektil itu jatuh ke perairan lepas pantai timur Korut.

"Korea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil ke Laut Timur," sebut Kepala Staf Gabungan militer Korsel dalam pernyataannya, merujuk pada Laut Jepang.

- Panas! 18 Pesawat Tempur China Menyusup ke Zona Pertahanan Taiwan

Otoritas Taiwan kembali melaporkan aktivitas penyusupan oleh belasan pesawat tempur China ke dalam zona pertahanan udaranya. Dilaporkan sedikitnya 18 jet tempur dan pesawat pengebom China mengudara hingga ke dalam zona pertahanan udara Taiwan dalam sehari, atau sepanjang Jumat (6/5) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (7/5/2022), otoritas Taiwan menyebutnya sebagai penyusupan terbesar kedua sepanjang tahun ini.

Taiwan diketahui terus-menerus berada di bawah ancaman invasi China, yang menganggap pulau dengan pemerintahan demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya yang akan direbut kembali suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

- Pemimpin Taliban Perintahkan Wanita Afghanistan Pakai Burka di Tempat Umum

Pemimpin tertinggi Afghanistan Hibatullah Akhundzada, yang juga pemimpin Taliban, memerintahkan agar wanita-wanita di negara itu mengenakan burka yang menutup tubuh sepenuhnya saat berada di tempat umum.

Hal tersebut menjadi salah satu aturan paling keras yang diberlakukan terhadap kehidupan wanita sejak Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan tahun lalu. Demikian seperti dilansir AFP, Sabtu (7/5/2022).

"Mereka harus mengenakan chadori (burka dari kepala hingga ujung kaki-red) karena itu tradisional dan penuh hormat," demikian bunyi dekrit yang diterbitkan oleh Akhundzada dan dirilis otoritas Taliban dalam suatu acara di Kabul pada Sabtu (7/5) waktu setempat.

(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT