Jerman Catat Rekor Kematian Corona Tertinggi Sejak Februari

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 14:30 WIB
Jerman tengah hadapi kondisi darurat nasional imbas lonjakan kasus COVID-19. Pasar Natal di kawasan Munich pun tak digelar guna cegah penyebaran virus Corona.
Ilustrasi -- Situasi pandemi di Jerman (dok. Getty Images/Lukas Barth)
Berlin -

Jerman mencetak rekor tertinggi untuk kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Negara ini tengah berjuang mengendalikan gelombang keempat Corona yang memicu lonjakan kasus.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Kamis (9/12/2021), pusat pengendalian penyakit nasional, Robert Koch Institute (RKI), melaporkan tambahan 527 kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir. Angka itu tercatat sebagai kematian tertinggi akibat Corona dalam sehari sejak 12 Februari lalu.

Dengan tambahan itu, menurut data RKI, total kematian akibat Corona di Jerman kini mencapai 104.047 kematian.

Data terbaru RKI juga melaporkan 69.601 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Angka ini lebih banyak 2.415 kasus jika dibandingkan periode yang sama sepekan lalu.

Namun, tingkat insidensi kasus per 100.000 orang dalam tujuh hari di Jerman terus tercatat menurun, menjadi 427 dari 432 pada Selasa (7/12) waktu setempat.

Para pakar mempertanyakan apakah metrik tersebut berarti Jerman telah melewati puncak gelombang pandemi atau apakah angka tersebut tidak bisa diandalkan karena otoritas kesehatan begitu kewalahan, khususnya di area-area terdampak parah Corona.

Banyak rumah sakit di Jerman berjuang menghadapi peningkatan jumlah pasien Corona yang dirawat di unit perawatan intensif. Para tenaga kesehatan di Jerman juga memperingatkan bahwa angka rawat inap untuk unit perawatan intensif bisa meningkat dengan cepat seperti musim dingin tahun lalu.