Diduga Akan Tabrak Pos Keamanan Israel, Remaja Palestina Ditembak Mati

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 11:29 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Seorang remaja Palestina yang mengendarai mobilnya ke arah sebuah pos pemeriksaan keamanan Israel di Tepi Barat, ditembak mati oleh seorang penjaga keamanan di tempat kejadian.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (7/12/2021), Kementerian Pertahanan Israel mengatakan, insiden itu terjadi pada Senin (6/12) setelah pukul 01:00 dini hari waktu setempat di pos pemeriksaan Te'enim dekat kota Palestina, Tulkarem. Disebutkan bahwa remaja putra itu telah "dilumpuhkan" saat dia diduga akan menabrakkan mobilnya ke pos pemeriksaan.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa kemudian melaporkan bahwa Mohammad Nidal Yunes yang berusia 15 tahun meninggal karena luka-luka setelah ditembak di sebuah pos pemeriksaan.

Seorang pejabat keamanan Israel mengkonfirmasi kepada AFP bahwa pengemudi kendaraan itu tewas.

Kementerian Pertahanan Israel mengatakan bahwa seorang penjaga keamanan "terluka serius" dalam insiden itu. Rumah sakit Sheba Israel mengatakan cedera yang dialami penjaga itu tidak mengancam nyawa.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak 1967 dan wilayah Palestina itu sekarang menjadi rumah bagi sekitar 475.000 pemukim Yahudi, yang tinggal di komunitas-komunitas yang secara luas dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Serangan di pos pemeriksaan biasa terjadi, sering dilakukan oleh warga Palestina yang bersenjatakan pisau, serta upaya menabrakkan mobil dan sesekali penembakan.

Insiden hari Senin (6/12) itu terjadi setelah seorang penyerang Palestina menikam seorang warga sipil Israel dan berusaha menyerang polisi pada hari Sabtu (4/12) lalu di dekat pintu masuk Gerbang Damaskus ke Kota Tua di Yerusalem timur yang dicaplok Israel.

Penyerang ditembak mati oleh petugas yang tampaknya menembak tersangka setelah dia tergeletak di tanah. Hal ini menimbulkan perdebatan tentang penggunaan kekuatan yang berlebihan.

Pihak berwenang Israel bersikeras bahwa petugas telah bertindak dengan tepat.

Simak juga 'Serangan Udara Israel Hantam Pelabuhan Suriah':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)