Aparat India Serang Pemberontak, 13 Warga Sipil Tewas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 15:47 WIB
Tempat konfrotasi aparat India dengan para pemberontak (AFP Photo)
Foto: Tempat konfrotasi aparat India dengan para pemberontak (AFP Photo)
New Delhi -

Pasukan keamanan India menembak mati 13 warga sipil di negara bagian Nagaland di timur laut setelah menembaki sebuah truk. Tembakan itu ditujukan untuk kaum gerilyawan.

Dilansir dari AFP, Minggu (5/12/2021) pasukan menembak mati enam pekerja yang pulang ke rumah mereka pada Sabtu (4/12) sore di distrik Mon, dekat perbatasan Myanmar. Tembakan ini dilakukan setelah melakukan penyergapan terhadap gerilyawan yang mereka yakini beroperasi di daerah itu.

Anggota keluarga dan penduduk desa kemudian pergi mencari orang-orang yang hilang itu. Mereka lantas menghadapi pasukan setelah menemukan mayat-mayat mereka. Tujuh warga sipil lagi ikut tewas dalam konfrontasi ini.

"Di sinilah terjadi konfrontasi antara kedua belah pihak, dan petugas keamanan menembak, menewaskan tujuh orang lagi," kata petugas polisi Nagaland Sandeep M Tamgadge kepada AFP.

Tamgadge mengatakan situasi di distrik itu 'sangat menegangkan sekarang'. Ada juga sembilan warga sipil lainnya yang terluka dalam insiden kedua. Mereka sekarang dirawat di rumah sakit setempat.

Tentara India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu tentaranya tewas selama konfrontasi, dengan sejumlah tentara terluka.

Dia menambahkan tentara bertindak dari ' informasi intelijen yang kredibel bahwa gerilyawan beroperasi di daerah itu dan telah melakukan penyergapan untuk mencegat mereka.

"Penyebab hilangnya nyawa yang tidak menguntungkan sedang diselidiki di tingkat tertinggi dan tindakan yang tepat akan diambil sesuai dengan hukum," kata pernyataan itu.

Simak juga 'India Konfirmasi Dua Kasus Covid-19 Varian Omicron!':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)