Korsel Catat 5 Kasus Varian Omicron, Perketat Pembatasan Perjalanan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 09:58 WIB
Korea Selatan (Korsel) mencetak rekor tertinggi untuk kasus harian virus Corona (COVID-19). Lebih dari 5.000 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir di negara ini, Rabu, (1/12/2021). (AP Photo/Ahn Young-joon).
Ilustrasi (dok. AP/Ahn Young-joon)
Seoul -

Korea Selatan (Korsel) melaporkan lima kasus varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, di wilayahnya. Kelima kasus ini menandai untuk pertama kalinya varian baru yang tengah memicu kekhawatiran global ini terdeteksi di Korsel.

Sebagai antisipasi, otoritas Korsel pun memperketat pembatasan perjalanan di wilayahnya, terutama saat terjadi lonjakan kasus Corona.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/12/2021), otoritas kesehatan Korsel mengungkapkan bahwa varian Omicron terdeteksi pada lima orang, termasuk pasangan suami-istri yang baru berkunjung ke Nigeria pada 14-23 November lalu.

Pasangan yang sudah divaksinasi penuh itu tiba di Korsel dua hari sebelum varian Omicron secara resmi terdeteksi di Afrika Selatan.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) dalam pernyataannya, seperti dilansir Yonhap News Agency, menuturkan bahwa pasangan yang tinggal di Incheon itu dinyatakan positif Corona pada Kamis (25/11) lalu dan tes pengurutan genetik menunjukkan keduanya terinfeksi varian Omicron.

Satu orang lainnya yang merupakan teman dari pasangan itu, juga dinyatakan terinfeksi varian Omicron. Disebutkan bahwa pasangan itu dan temannya tidak menunjukkan gejala-gejala signifikan selain gangguan pernapasan dan nyeri otot.

Kemudian dua orang lainnya, sebut KDCA, juga dinyatakan positif varian Omicron. Tidak disebut lebih lanjut asal maupun riwayat perjalanan kedua orang itu.