Corona Mengganas, Jerman Catat Rekor 446 Kematian Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:43 WIB
Jerman tengah hadapi kondisi darurat nasional imbas lonjakan kasus COVID-19. Pasar Natal di kawasan Munich pun tak digelar guna cegah penyebaran virus Corona.
Ilustrasi --- Situasi pandemi Corona di Jerman (dok. Getty Images/Lukas Barth)
Berlin -

Jerman melaporkan angka kematian akibat virus Corona (COVID-19) tertinggi dalam sehari sejak pertengahan Februari lalu. Lebih dari 400 orang meninggal akibat Corona dalam 24 jam terakhir di negara ini.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (1/12/2021), badan penyakit menular Jerman, Robert Koch Institute, melaporkan 446 kematian akibat Corona dalam sehari. Angka itu tercatat sebagai angka kematian akibat Corona tertinggi dalam sehari di Jerman sejak 18 Februari lalu, atau sembilan bulan terakhir.

Dengan tambahan ini, maka total kematian akibat Corona di negara ini mencapai 101.790 orang.

Dalam data terbaru, Robert Koch Institute juga melaporkan 67.186 kasus baru Corona terdeteksi dalam sehari. Angka itu tercatat naik 302 kasus dari sepekan lalu. Namun masih di bawah rekor tertinggi yang tercatat pada Jumat (26/11) lalu, saat Jerman melaporkan 76.414 kasus baru dalam sehari.

Tingkat insiden Corona per 100.000 orang dalam tujuh hari mengalami penurunan menjadi 442,9 orang dari tadinya 452,2 orang pada Selasa (30/11) waktu setempat.

Pemerintah federal dan regional Jerman menyepakati pada Selasa (30/11) waktu setempat untuk mengambil tindakan dalam menangkal gelombang keempat Corona, termasuk dengan meningkatkan kampanye vaksinasi dan membatasi kontak, terutama untuk orang-orang yang belum divaksinasi.

Menuai kritikan dari para ilmuwan karena bertindak terlambat, para pemimpin Jerman sepakat mengambil keputusan tegas terkait berbagai usulan langkah seperti mewajibkan konsumen menunjukkan bukti vaksinasi atau kesembuhan Corona di toko-toko dan membatasi jumlah orang dalam acara-acara besar.