Vladimir Putin Belum Putuskan Nyapres di 2024

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 01:33 WIB
Russian President Vladimir Putin attends a meeting on the situation with the spread of the COVID-19 coronavirus disease in Russia, via a teleconference call at the Novo-Ogaryovo state residence outside Moscow on April 13, 2020. (Photo by Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP)
Vladimir Putin (Foto: Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)
Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin belum memutuskan untuk mencalonkan diri kembali pada pemilihan presiden (pilpres) Rusia tahun 2024. Hal tersebut diungkap Putin dalam sebuah forum investasi di Moskow.

"Apakah saya melakukan ini atau tidak, belum diputuskan, tetapi keberadaan hak ini (untuk mencalonkan diri kembali) sudah menstabilkan situasi politik dalam negeri," ujar Putin dilansir Reuters, Rabu (1/12/2021).

Sejumlah analisis menyebutkan Putin bisa saja menjadi 'bebek lumpuh' bila tidak mencalonkan diri kembali pada Pilpres 2024.

"Apa yang dikatakan Presiden Biden tentang kemungkinan pemilihannya kembali, saya pikir dia benar untuk dilakukan. Karena jika Anda tidak mulai mempersiapkan pemilihan, saya pikir pemerintahan negara akan sangat menderita," kata Putin.

"Presiden AS tidak membutuhkan pendapat saya, tetapi saya pikir dia (Joe Biden) bertindak sangat benar," lanjutnya.

Terlepas dari ketegangan hubungan dengan Amerika Serikat, Putin menyebut dia memiliki hubungan kerja yang baik dengan Biden. Pertemuan antara pimpinan Rusia dan Amerika Serikat disinyalir akan terjadi dalam waktu dekat.

(isa/isa)