Ternyata, Varian Omicron Muncul di Belanda Sepekan Lebih Awal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 19:14 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto)
Amsterdam -

Otoritas kesehatan Belanda mengungkapkan bahwa varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, sudah muncul di wilayahnya sepekan lebih awal dari yang diyakini sebelumnya. Pemeriksaan tengah dilakukan otoritas setempat untuk mencari tahu seberapa jauh penyebaran varian baru tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/11/2021), Institut Kesehatan dan Lingkungan Nasional, RIVM, menyatakan bahwa pihaknya 'telah menemukan varian Corona, Omicron, dalam dua sampel tes yang sudah diambil di Belanda... pada 19 dan 23 November'.

Kasus pertama varian Omicron di Belanda sebelumnya diperkirakan sebagai 14 kasus positif Corona varian Omicron dalam dua penerbangan KLM dari Afrika Selatan yang tiba di Amsterdam pada Jumat (26/11) lalu.

Dua infeksi varian Omicron di Belanda yang terdeteksi sepekan lebih awal itu berarti terjadi sebelum Afrika Selatan pertama kali melaporkan varian baru tersebut pada 24 November kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO telah menetapkan varian Omicron sebagai 'variant of concern'.

"Belum jelas apakah orang-orang yang bersangkutan (dalam kasus-kasus yang lebih awal) juga pernah ke Afrika Selatan," sebut RIVM dalam pernyataannya.

Ditambahkan bahwa orang-orang tersebut telah diberitahu situasi ini dan otoritas kesehatan setempat telah memulai penyelidikan kontak.

Simak video 'Deteksi Varian Omicron, Pelancong dari Afrika Selatan Diminta Tes':

[Gambas:Video 20detik]