Rusia Kembali Uji Coba Rudal Hipersonik Zircon

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 16:41 WIB
Moskow -

Rusia mengklaim kembali sukses menguji coba rudal jelajah hipersonik, Zircon, buatannya. Uji coba itu disebut berhasil mengenai target di perairan Laut Putih, teluk kecil di sebelah selatan Laut Barents yang terletak di pantai barat laut Rusia.

Seperti dilansir CNN, Selasa (30/11/2021), Presiden Vladimir Putin telah menyebut rudal hipersonik Zircon sebagai bagian dari generasi baru sistem persenjataan yang tidak tertandingi.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut rudal hipersonik Zircon itu ditembakkan dari kapal perang Laksamana Gorshkov di perairan Laut Putih dan berhasil mengenai target di lautan yang berjarak lebih dari 400 kilometer.

Sebuah video singkat menunjukkan rudal hipersonik yang mengudara menerangi langit malam dengan kilatan cahaya putih.

Uji coba rudal hipersonik Zircon ini merupakan uji coba kedua yang dilakukan Rusia dalam dua pekan terakhir.

Rusia sebelumnya menguji coba rudal hipersonik Zircon pada 18 November lalu, yang diklaim mampu mengenai target uji coba di perairan Arktik yang masuk wilayah Rusia. Disebutkan Rusia pada saat itu bahwa rudal hipersonik Zircon berhasil memusnahkan target dengan 'serangan langsung'.

Selain Rusia, Amerika Serikat (AS), China dan Korea Utara juga terlibat dalam kompetisi rudal hipersonik, generasi selanjutnya dari persenjataan jarak jauh yang sulit dideteksi.