Jerman Umumkan Kasus Pertama Varian Omicron, Tak Pernah ke Luar Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 10:23 WIB
Pasar Natal di Frankfurt hingga Berlin tetap bergeliat di tengah melonjaknya kasus COVID-19 di Jerman-Eropa. Semarak menyambut Natal pun tampak terasa di sana.
Ilustrasi - Gemerlap pasar Natal di Jerman saat pandemi Corona (dok. AP Photo)
Berlin -

Otoritas Jerman mencatat satu kasus baru virus Corona (COVID-19) varian Omicron yang terkonfirmasi tanpa riwayat perjalanan. Satu pasien Corona varian Omicron ini diketahui tidak pernah pergi ke luar negeri dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir CNN, Selasa (30/11/2021), kasus varian Omicron tanpa riwayat perjalanan ini terdeteksi pada seorang pria berusia 39 tahun dari wilayah Leipzig, Jerman bagian timur. Pria ini menjadi kasus varian Omicron pertama di Jerman yang terkonfirmasi tidak memiliki riwayat perjalanan.

Direktur Departemen Kesehatan Leipzig, Regine Krause-Doring, menyebut pria 39 tahun itu diketahui tidak bepergian ke luar negeri dalam beberapa waktu terakhir dan tidak juga melakukan kontak dekat dengan siapapun yang baru saja pergi ke luar negeri.

Belum diketahui secara jelas sumber penularan varian Omicron untuk kasus terbaru ini.

Kasus pria 39 tahun ini tercatat sebagai kasus varian Omicron keempat yang ditemukan di wilayah Jerman.

Dua kasus varian Omicron lainnya -- merupakan kasus varian Omicron pertama di Jerman -- terdeteksi di Munich dan satu kasus lainnya terdeteksi di wilayah Hesse.

Baik dua orang yang terinfeksi varian Omicron di Munich maupun satu orang yang terinfeksi varian Omicron di Hesse sama-sama diketahui baru tiba dari Afrika Selatan.