Kanada Laporkan 5 Kasus Varian Omicron

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:43 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/loops7)
Ottawa -

Tiga tambahan kasus virus Corona (COVID-19) varian Omicron terdeteksi di wilayah Kanada sepanjang Senin (29/11) waktu setempat. Dengan tambahan ini, maka Kanada saat ini sudah mencatat total lima kasus varian Omicron di wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (30/11/2021), dua kasus varian Omicron terdeteksi di wilayah Ottawa dan satu kasus varian Omicron lainnya terdeteksi di wilayah Quebec -- menjadi kasus varian Omicron pertama di wilayah tersebut.

Menteri Kesehatan Quebec, Christian Dube, menuturkan kepada wartawan setempat bahwa dampak dari temuan ini, sekitar 115 pelancong yang datang dari negara-negara yang terdampak varian Omicron, terutama Afrika Selatan, telah dipanggil dan diminta menjalani isolasi mandiri serta tes Corona.

Direktur Kesehatan Umum, Horacio Arruda, menjelaskan bahwa satu kasus varian Omicron yang terdeteksi di Quebec berasal dari seorang pelancong yang baru saja kembali dari Nigeria -- mirip dengan dua kasus varian Omicron yang terlebih dulu terdeteksi di Ontario pada Minggu (28/11) waktu setempat.

Lebih lanjut, Dube menyebut bahwa satu kasus varian Omicron terdeteksi saat Quebec tengah menghadapi lonjakan kasus Corona beberapa waktu terakhir, sebagian besar dari orang-orang yang belum divaksinasi Corona.

Dalam 24 jam terakhir, otoritas Quebec mencatat sedikitnya 756 kasus baru Corona di wilayahnya.

Dube mendorong para pelancong untuk mempertimbangkan kembali rencana liburan Natal dan akhir tahun mereka dan memperingatkan agar tidak ada perayaan-perayaan besar. Otoritas Quebec kini membatasi acara perkumpulan di rumah-rumah hanya untuk 10 orang maksimum.

"Beberapa pekan ke depan akan kritis," ucapnya.

Simak video 'Epidemiolog: Varian Omicron Kombinasi Mutasi Varian Delta & Beta':

[Gambas:Video 20detik]