Round Up

Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 20:11 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika -- ilustrasi (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Indonesia menambah daftar negara yang menangguhkan perjalanan dari negara-negara di Afrika. Hal ini dilakukan imbas penyebaran varian baru COVID-19, Omicron.

Varian B.1.1529 ini pertama kali ditemukan di Botswana, Afrika Selatan. Kini sejumlah negara mulai melaporkan temuan kasus varian Omicron ini.

Banyak negara mewaspadai varian Omicron lantaran disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian of concernt (VoC). Dengan demikian varian Omicron masuk dalam kategori COVID-19 yang paling meresahkan.

Varian baru Omicron ini pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada Rabu (24/11) yang lalu. Infeksi Omicron yang terkonfirmasi pertama diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November.

Lantas negara mana saja yang membatasi penerbangan dari dan ke negara-negara di Afrika? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melarang sementara perjalanan dari sejumlah negara di Afrika. Adapun pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas juga ditangguhkan mulai Senin (29/11/2021) mendatang.

Adapun negara yang ditangguhkan kunjungannya yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria.

Aturan pelarangan WNA dari Afrika tertuang dalam Surat Edaran Nomor IMI-0269.GR.01.01 TAHUN 2021 Tentang Pembatasan Sementara Orang Asing yang Pernah Tinggal dan/atau Mengunjungi Wilayah Beberapa Negara Tertentu Untuk Masuk Wilayah Indonesia dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Varian BARU COVID-19 B.1.1. 529. Surat itu diteken Plt Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana.

Inggris

Otoritas Inggris memberlakukan pembatasan perjalanan terhadap Afrika Selatan dan 5 negara lainnya lantaran dikhawatirkan menyebarkan varian baru Omicron. Varian ini diperkirakan memuat mutasi dua kali lipat dibanding varian Delta.

Adapun negara yang sementara dilarang penerbangannya adalah dari Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini dan berlaku mulai hari Jumat (26/11) ini. Para pelancong Inggris yang kembali dari tujuan tersebut harus dikarantina.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Menteri Kesehatan Sajid Javid mengatakan bahwa lebih banyak data diperlukan, tetapi pembatasan perjalanan diperlukan sebagai tindakan pencegahan. Sebabnya, para ilmuwan mengatakan studi laboratorium diperlukan untuk menilai kemungkinan mutasi yang mengakibatkan kemanjuran vaksin sangat berkurang.

Bersamaan dengan Inggris, pada Jumat (26/11), Austria, Republik Ceko, Jerman, Italia, Siprus dan Belanda juga menangguhkan penerbangan dari negara-negara di Afrika Selatan.

Simak daftar negara lainnya di halaman selanjutnya.