Round Up

Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 20:11 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika -- ilustrasi (Foto: Getty Images/loops7)

Singapura

Singapura juga menyusul daftar negara yang membatasi perjalanan dari negara-negara di Afrika. Total ada 7 negara Afrika yang dibatasi.

Seperti diberitakan AFP, Jumat (26/11/2021), pembatasan berlaku mulai Minggu (28/11) untuk Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan, semua warga non-Singapura dan orang-orang tanpa tempat tinggal permanen di negara itu, yang memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke tujuh negara Afrika tersebut, akan dilarang masuk atau transit melalui Singapura.

Sementara itu, warga negara Singapura dan orang asing yang memiliki status penduduk tetap di negara-kota berpenduduk 5,5 juta itu yang datang dari ketujuh negara Afrika tersebut, dapat masuk, tetapi harus menjalani karantina 10 hari.

Amerika Serikat

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/11/2021), pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk membatasi perjalan dari 8 negara Afrika Selatan karena dikhawatirkan varian Omicron menyebar. Pembatasan perjalanan ini akan dimulai pada Senin (29/11) besok.

Perjalanan sebagian besar akan dilarang dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik dan Malawi. Hanya warga negara AS dan penduduk tetap yang masih dapat melakukan perjalanan dari delapan negara itu.

Selain AS, ada Brasil, Kanada dan Guatemala yang juga membatasi perjalanan dari negara-negara Afrika tersebut.

Filipina juga menangguhkan penerbangan dari Afrika selatan, sementara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, dan Maroko juga mengumumkan larangan serupa.

Australia

Pada Sabtu (27/11) lalu, Australia turun melarang sementara penerbangan dari 9 negara Afrika. Hal ini ditempuh untuk mencegah masuknya varian Omicron.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Menteri Kesehatan Australia mengatakan warga non-Australia yang mengunjungi 9 negara (Afrika Selatan, Zimbabwe, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, dan Namibia) dalam dua minggu terakhir juga akan dilarang masuk Australia.

Warga negara dan penduduk tetap yang bepergian dari sembilan negara Afrika itu harus dikarantina selama 14 hari.

Daftar negara lainnya simak di halaman selanjutnya..