Jerman Laporkan Temuan 2 Kasus Corona Varian Omicron

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 13:41 WIB
Jerman kembali cetak rekor tertinggi dengan lebih dari 65 ribu kasus COVID-19. Kondisi itu membuat tempat tidur di ruang ICU sejumlah rumah sakit terisi penuh.
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Jerman baru saja melaporkan 2 kasus terkait varian baru Omicron. Disebutkan dua kasus itu terdeteksi di negara bagian Bavaria dan satu kasus dicurigai di Jerman Barat.

"Dua orang terinfeksi varian Omicron itu masuk Jerman melalui Bandara Munich pada 24 November lalu, sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai daerah varian virus, dan sekarang keduanya diisolasi," demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Bavaria, tanpa mengatakan secara eksplisit mereka berasal dari Afrika Selatan.

Kementerian Kesehatan Bavaria mengatakan siapa pun yang telah berada di Afrika Selatan dalam 14 hari terakhir harus segera mengurangi kontak, melakukan tes PCR, dan menghubungi otoritas kesehatan setempat.

"Bavaria telah merespons lebih awal dan cepat untuk varian yang sangat baru," kata juru bicara Kementerian, seperti dilansir Reuters, Minggu (28/11/2021).

"Semuanya harus dilakukan untuk menghentikan penyebarannya." imbuhnya.

"Dari para penumpang yang tiba dari Cape Town pada hari Jumat (26/11) lalu, sebanyak 50 diantaranya dikarantina di Bavaria. Dua penumpang dinyatakan positif virus corona dan sedang diteliti terkait varian Omicron," kata Kementerian itu.

Sebelumnya, pejabat di negara bagian Hessen, lokasi bandara Frankfurt yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Eropa, mengatakan dugaan varian Omicron telah ditemukan pada seorang penumpang yang datang dari Afrika Selatan.

"Orang itu tiba di Jerman pada hari Minggu lalu dan telah divaksinasi penuh," demikian dilaporkan Der Spiegel yang mengutip Menteri Urusan Sosial di Hesse.

Sementara itu, Otoritas Kesehatan kota Frankfurt mengatakan hasil pemeriksaan dapat keluar pada Senin (29/11) mendatang.

Simak video 'Belgia Konfirmasi Kasus Pertama Varian Baru Omicron!':

[Gambas:Video 20detik]