Mendarat di Belanda, 61 Penumpang Pesawat Afrika Selatan Positif COVID!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 17:09 WIB
Ilustrasi Pesawat Mendarat Darurat
ilustrasi (Foto: dok.detikcom)
Jakarta -

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan Sabtu (27/11) bahwa 61 penumpang dari dua penerbangan dari Afrika Selatan dinyatakan positif COVID-19. Hasil tes mereka sedang diperiksa untuk memastikan apakah mereka terinfeksi varian baru, Omicron.

Orang-orang yang positif Corona itu sekarang dikarantina di sebuah hotel dekat Bandara Schiphol, Amsterdam, di mana 600 orang di dalam dua pesawat dari Johannesburg tersebut menghabiskan waktu berjam-jam menunggu pemeriksaan pada hari Jumat (26/11).

"Kami sekarang tahu bahwa 61 dari hasilnya positif dan 531 negatif," kata Otoritas Kesehatan Belanda (GGD) dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (27/11/2021).

"Hasil tes positif akan diperiksa sesegera mungkin untuk menentukan apakah ini menyangkut varian baru yang mengkhawatirkan, yang diberi nama varian Omicron," imbuhnya.

GGD menyatakan, semua penumpang yang hasilnya positif Corona tersebut harus tinggal di karantina di hotel selama tujuh hari jika mereka menunjukkan gejala, dan selama lima hari jika tidak menunjukkan gejala.

Para penumpang yang dinyatakan negatif, tetapi masih berada di Belanda, diharapkan untuk mengisolasi diri di rumah.

"Kami memahami bahwa orang-orang frustrasi dengan ini," kata GGD dalam pernyataannya. "Orang-orang baru saja melakukan perjalanan jauh dengan anggapan bahwa mereka akan segera pulang," imbuhnya.

Lihat juga Video: Austria Isolasi Orang Tak Divaksin, Belanda Lockdown Parsial

[Gambas:Video 20detik]