Kanada Serukan Warganya Segera Angkat Kaki dari Ethiopia!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 11:10 WIB
Amnesty: Pemberontak Tigray Memerkosa dan Memukuli Perempuan di Etiopia
pemberontak Tigray (Foto: DW (News))
Jakarta -

Pemerintah Kanada menyerukan warganya untuk segera meninggalkan Ethiopia karena kekhawatiran tentang kondisi keamanan di negara yang dilanda perang itu.

"Kanada sangat prihatin dengan situasi keamanan yang memburuk dengan cepat di Ethiopia," kata Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (27/11/2021).

Sejak 18 November, dia mengingatkan, Ottawa telah meminta warga Kanada untuk menghindari semua perjalanan ke Ethiopia.

"Kami sekarang meminta warga Kanada yang sudah ada di sana untuk segera pergi jika aman untuk melakukannya," katanya, menyebut kemungkinan gangguan penerbangan komersial "jika situasinya terus memburuk."

Para pejabat Kanada mengatakan, untuk saat ini, Kedutaan Kanada di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa tetap buka, tetapi layanan konsuler terbatas.

Pemberitahuan Ottawa kepada warga Kanada di Ethiopia ini disampaikan setelah Amerika Serikat dan negara-negara lain mengatakan kepada warganya untuk meninggalkan Ethiopia di tengah kekhawatiran bahwa pemberontak Tigray bisa tiba di ibu kota.

Perang meletus pada November 2020 ketika Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2019, mengirim pasukan ke wilayah Tigray untuk menggulingkan partai yang berkuasa, Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF).

Lihat juga Video: Hampir 300 Warga Terjebak di Antara Longsor di Kanada

[Gambas:Video 20detik]