Angka Kelahiran di China Anjlok ke Rekor Terendah dalam Puluhan Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 16:17 WIB
ilustrasi bayi baru lahir
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia)
Jakarta -

Angka kelahiran bayi di China anjlok ke rekor terendah dalam puluhan tahun. Ini menyoroti krisis demografi yang membayangi Beijing, yang disebabkan oleh angkatan kerja yang menua dengan cepat, ekonomi yang melambat, dan pertumbuhan populasi terlemah dalam beberapa dekade.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (24/11/2021), China telah melonggarkan "kebijakan satu anak" - salah satu peraturan keluarga berencana paling ketat di dunia - pada tahun 2016, yang memungkinkan pasangan untuk memiliki dua anak. Awal tahun ini telah ditingkatkan menjadi tiga anak.

Namun, perubahan tersebut gagal menghasilkan jumlah kelahiran bayi yang diharapkan, karena biaya hidup meningkat dan perempuan semakin banyak membuat pilihan keluarga berencana mereka sendiri.

Tahun lalu, China mencatat 8,52 kelahiran per 1.000 orang menurut Buku Tahunan Statistik 2021 yang dirilis minggu lalu. Ini merupakan angka terendah sejak data buku tahunan dimulai pada 1978.

Ini adalah penurunan yang nyata dari 10,41 per 1.000 orang di tahun sebelumnya, dan angka terendah sejak Komunis China didirikan pada tahun 1949, menurut Biro Statistik Nasional.

Selain itu, buku tahunan menunjukkan jumlah pernikahan yang terdaftar pada tahun 2020 mencapai level terendah dalam 17 tahun, dengan hanya 8,14 juta pasangan yang menikah tahun lalu.

Selama awal wabah COVID-19, beberapa wilayah China tengah ditempatkan di bawah lockdown ketat selama berbulan-bulan, dan di seluruh negeri banyak kantor pemerintah ditutup sementara.

Namun, untuk sebagian besar tahun lalu, ada beberapa pembatasan formal pada pernikahan yang berjalan seperti biasa.

Sementara itu, jumlah perceraian turun untuk pertama kalinya dalam setidaknya 30 tahun, setelah "masa penenangan diri" wajib selama 30 hari untuk pasangan yang bercerai diterapkan pada awal 2020.

(ita/ita)