Taliban Akhirnya Mulai Bayar Gaji Ribuan PNS Afghanistan Usai 3 Bulan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 12:56 WIB
In front of a Taliban flag, Taliban spokesman Zabihullah Mujahid speaks at at his first news conference, in Kabul, Afghanistan, Tuesday, Aug. 17, 2021. For years, Mujahid had been a shadowy figure issuing statements on behalf of the militants. Mujahid vowed Tuesday that the Taliban would respect womens rights, forgive those who resisted them and ensure a secure Afghanistan as part of a publicity blitz aimed at convincing world powers and a fearful population that they have changed. (AP Photo/Rahmat Gul)
Foto: Zabihullah Mujahid (AP/Rahmat Gul)
Jakarta -

Pemerintahan Taliban Afghanistan akan mulai membayar gaji pegawai negeri yang sudah jatuh tempo. Ribuan PNS Afghanistan tunggakan gajinya sudah tiga bulan gaji.

Dilansir Reuters, Minggu (21/11/2021) tunggakan gaji ini dibayarkan pada Sabtu (20/11) waktu setempat. Tertundanya gaji PNS ini merupakan salah satu dari banyak krisis yang dihadapi Taliban sejak pengambilalihan negara pada Agustus lalu.

"Kementerian keuangan mengatakan, mulai hari ini, tiga bulan terakhir gaji semua pegawai dan staf pemerintah akan dibayar seluruhnya," kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid di Twitter.

Belum jelas dari mana dana untuk membayar gaji itu berasal. Bahkan sebelum Taliban mengambil alih kendali negara pada Agustus lalu, banyak pekerja sektor publik mengatakan mereka belum dibayar selama berminggu-minggu.

Setelah gerakan itu mengambil alih kekuasaan, miliaran dolar dana pemerintah Afghanistan yang disimpan di luar negeri di Amerika Serikat dan Eropa dibekukan.

Pemerintah negara lain tidak mau mendanai pemerintahan yang dipimpin Taliban secara langsung untuk membantu komitmen keuangan seperti pembayaran pekerja. Lembaga keuangan global juga menghentikan pendanaannya.

Setelah pertemuan pada hari Kamis (18/11) antara utusan khusus Jerman dan Belanda dan pejabat Taliban di Kabul, utusan tersebut menyatakan kesediaannya untuk menjajaki pembayaran pekerja sektor kesehatan dan pendidikan secara langsung melalui organisasi internasional.

Simak juga 'Taliban Bongkar Barikade Beton yang Bertahun-Tahun Blokir Jalan Kabul':

[Gambas:Video 20detik]