Jadi Korban Vandalisme, Ban Mobil Warga Palestina di Yerusalem Disayat

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 15:28 WIB
An Israeli police officer collects evidence from a vandalized vehicle in the Sheikh Jarrah neighborhood of east Jerusalem, Friday, Nov. 19, 2021. Residents from the tense Jerusalem neighborhood say the car tires of 11 Palestinian-owned vehicles were slashed by Israeli settlers. Palestinian families from the neighborhood are currently embroiled in a high-profile eviction case against Israeli settlers. (AP Photo/Mahmoud Illean)
Polisi Israel tengah memeriksa dan mengumpulkan bukti dari salah satu mobil milik warga Palestina yang bannya dirusak pelaku tak dikenal di Yerusalem Timur (AP Photo/Mahmoud Illean)
Yerusalem -

Warga Palestina yang tinggal di wilayah Yerusalem yang diwarnai ketegangan, menjadi korban vandalisme. Ban pada belasan mobil milik warga Palestina disayat secara sengaja hingga kempes.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (20/11/2021), rekaman CCTV setempat menunjukkan tiga pria tak dikenal yang mengenakan penutup kepala memasuki area Sheikh Jarrah yang dipasangi pagar pada Jumat (19/11) waktu setempat.

Terlihat dalam rekaman CCTV itu bahwa pria-pria misterius itu menusukkan benda tajam ke ban sejumlah mobil yang diparkir di area tersebut.

Tidak diketahui secara jelas pihak maupun kelompok yang bertanggung jawab atas aksi vandalisme ini. Motif di balik aksi vandalisme ini juga belum jelas.

Namun beberapa pekan terakhir diketahui terjadi eskalasi untuk tindak kekerasan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat.

Kepolisian Israel menyatakan pihaknya tengah menyelidiki insiden yang terjadi di wilayah yang didudukinya ini.

Wilayah Sheikh Jarrah yang berlokasi di Yerusalem Timur diketahui menjadi lokasi pertarungan hukum selama puluhan tahun antara pemukim Yahudi dengan warga Palestina yang tinggal di sana. Para pemukim Yahudi berupaya menggusur warga Palestina yang telah sejak lama tinggal di wilayah tersebut.