Bangsal RS di Bulgaria Kebakaran, 3 Pasien COVID-19 Meninggal

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 16:40 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sebuah bangsal rumah sakit di Bulgaria kebakaran. Akibatnya tiga pasien yang berada di bangsal khusus corona tewas dalam kebakaran tersebut.

"Tiga pasien laki-laki, berusia 66, 70 dan 81 tahun, semuanya pasien Covid-19 dan meninggal di lantai empat sebuah rumah sakit di kota Sliven," kata kepala layanan penyelamatan lokal, Vladimir Demirev, kepada televisi Bulgaria, seperti dilansir AFP, Minggu (14/11/2021)

Sementara itu, di bangsal terdekat, 6 pasien lainnya harus dievakuasi usai kebakaran terjadi.

Terkait penyebab kebakaran, Kementerian Kesehatan Bulgaria menduga berawal dari rokok yang digunakan salah seorang pasien.

"Penyebab kebakaran yang paling mungkin adalah rokok yang menyala dari salah satu pasien," demikian pernyataan dari Kementerian Kesehatan Bulgaria soal insiden kebakaran tersebut.

Diketahui banyak rumah sakit di Bulgaria saat ini kewalahan menghadapi lonjakan pasien COVID-19.

Insiden kebakaran terjadi saat negara anggota Uni Eropa itu melangsungkan pemungutan suara ketiganya tahun ini pada Minggu (14/11), di tengah gelombang mematikan Covid-19 yang melanda Bulgaria.

Berlangsungnya pemungutan suara dilakukan saat pemerintahan sementara Bulgaria dianggap gagal menerapkan tindakan yang lebih ketat untuk mencegah infeksi baru dan kematian COVID-19.

Bulgaria juga jadi salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Uni Eropa. Hanya lebih dari 23 persen dari total populasi 6,9 juta orang yang divaksinasi penuh.

Simak juga 'RS Rujukan Covid-19 di Rumania Terbakar, 2 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/knv)