Menlu Inggris Kunjungi Indonesia, Temui Jokowi-Sekjen ASEAN

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 11:01 WIB
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris, Liz Truss, melakukan kunjungan selama dua hari ke Indonesia. Kunjungan ini bertujuan menjalin hubungan keamanan dan ekonomi yang lebih erat antara Inggris dan Indonesia.

Menlu Truss akan berada di Jakarta selama dua hari, yakni pada 11-12 November. Dalam kunjungannya, Menlu Truss akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menlu Retno Marsudi untuk membicarakan diplomasi ekonomi, dialog perdagangan dan teknologi, serta isu-isu kebijakan luar negeri.

Demikian seperti disampaikan dalam keterangan pers Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima detikcom, Kamis (11/11/2021).

Disebutkan bahwa Menlu Truss melihat Indonesia sebagai mitra penting untuk visi 'Global Britain'. Indonesia juga dipandang sebagai negara demokrasi yang berpikiran sejalan, sesama pendukung lembaga dan hukum internasional dan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

"Sebuah hubungan yang lebih dalam dengan Indonesia - sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia serta kekuatan ekonomi saat ini dan di masa depan - akan membantu mengamankan masa depan yang sukses bagi Inggris dan mewujudkannya bagi rakyat kita," sebut Menlu Truss.

"Ada banyak potensi kerja sama dalam hubungan Inggris dan Indonesia dan saya ingin memperdalam kemitraan kedua negara di bidang-bidang utama seperti teknologi, perdagangan, investasi, dan keamanan sebagai bagian dari rencana untuk membangun jaringan kebebasan dengan mitra-mitra penting," imbuhnya.

Agenda-agenda yang akan dijalani Menlu Truss selama berada di Indonesia mencakup peluncuran kelompok kerja gabungan pertama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), kemudian kunjungan ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memfasilitasi kolaborasi lebih lanjut dalam menangani kejahatan siber, keamanan, dan peningkatan kapasitas.