4 Astronaut Kembali ke Bumi Usai 6 Bulan di Stasiun Luar Angkasa

Mutia Safira - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 17:45 WIB
In this photo provided by NASA, from left to right, European Space Agency astronaut Thomas Pesquet, NASA astronauts Megan McArthur and Shane Kimbrough, and Japan Aerospace Exploration Agency astronaut Akihiko Hoshide gesture inside the SpaceX Dragon spacecraft onboard the SpaceX GO Navigator recovery ship shortly after having landed in the Gulf of Mexico off the coast of Pensacola, Fla., Monday, Nov. 8, 2021. The astronauts returned to Earth on Monday to end a 200-day space station mission that began last spring. (Aubrey Gemignani/NASA via AP)
Empat astronaut dalam perjalanan kembali ke Bumi dari ISS dengan pesawat luar angkasa SpaceX (Aubrey Gemignani/NASA via AP)
Washington DC -

Empat astronaut kembali ke Bumi dengan selamat menggunakan pesawat luar angkasa SpaceX setelah menghabiskan enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Momen kembalinya empat astronaut itu disiarkan secara langsung oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Seperti dilansir AFP, Selasa (9/11/2021), para astronaut itu melakukan ribuan eksperimen di orbit dan membantu meningkatkan panel surya di ISS selama misi mereka sebagai 'Kru-2'.

Pesawat luar angkasa Dragon Endeavour buatan SpaceX berhasil masuk ke atmosfer Bumi dan diperlambat dengan empat parasut besar yang mengembang dengan sempurna. Pesawat luar angkasa itu jatuh di perairan Teluk Meksiko pada pukul 22.33 waktu setempat atau 03:33 GMT, sebelum diangkat ke kapal.

Empat astronaut yang kembali ke Bumi itu terdiri atas dua astronaut NASA, Megan McArthur dan Shane Kimbrough, kemudian satu astronaut Jepang bernama Akihiko Hoshide, dan satu astronaut Prancis bernama Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa.

Keempatnya dikeluarkan dari kapsul dan ditempatkan di tandu sebagai tindakan pencegahan -- tubuh manusia perlu menyesuaikan ulang dengan gravitasi setelah berada di luar angkasa untuk jangka waktu lama.

"Senang bisa kembali ke Planet Bumi," ucap Kimbrough saat pesawat luar angkasa mencapai Bumi.

Aktivitas para astronaut 'Kru-2' selama berada di ISS mencakup mendokumentasikan permukaan Bumi untuk merekam perubahan yang disebabkan manusia dan peristiwa alam, kemudian menanam cabai, dan mempelajari cacing untuk memahami lebih lanjut perubahan kesehatan manusia di luar angkasa.

"Bangga bisa mewakili Prancis sekali lagi di luar angkasa! Perhentian selanjutnya, Bulan?" tutur Pesquet melalui akun Twitternya.