Kapal Migran Tenggelam di Channel, 400 Berhasil Selamat-1 Tewas

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 16:25 WIB
Ilustrasi
ilustrasi (Foto: (Thinkstock))
Jakarta -

Lebih dari 400 orang berhasil diselamatkan setelah sebuah kapal tenggelam di perairan Channel dalam perjalanan menuju Inggris. Pihak berwenang Prancis melaporkan satu migran tewas dan satu migran lainnya hilang saat proses evakuasi dilakukan.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (4/11/2021), prefektur maritim Prancis dalam sebuah pernyataan pada Rabu (3/11) waktu setempat mengatakan "lebih dari 400 orang berhasil diselamatkan. Sayangnya, meski upaya yang telah dilakukan, satu migran hilang dan satu lagi dinyatakan tewas".

Sebelumnya, jaksa Dunkirk, Sebastien Pieve mengatakan pada AFP bahwa korban yang meninggal dunia adalah seorang pria dewasa yang berada di atas kapal penuh sesak yang tenggelam tersebut.

Pieve menambahkan bahwa upaya penyeberangan antara Prancis dan Inggris telah meningkat minggu ini yang diduga dipicu kondisi cuaca yang baik.

Peringatan tentang bahaya arus kuat dan suhu rendah di jalur pelayaran yang sibuk antara Prancis utara dan Inggris selatan itu telah dikeluarkan. Walau begitu, dalam tiga tahun terakhir terlihat peningkatan signifikan upaya penyeberangan yang dilakukan oleh para migran melalui perairan Channel.

Pada tahun 2020, sekitar 9.500 orang melakukan atau mencoba melintasi perairan tersebut, dibandingkan dengan 2.300 orang pada tahun 2019 dan 600 orang pada tahun 2018.

Menurut penghitungan oleh kantor berita domestik Inggris, PA, lebih dari 17.000 migran telah menyeberang ke Inggris dengan perahu kecil sejak awal tahun, lebih dari dua kali lipat angka untuk keseluruhan tahun 2020.

(ita/ita)