World Expo 2020 Dubai

Mendag: Indonesia National Day Kesempatan Emas Tunjukkan Keunggulan ke Dunia

Idham Khalid - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 20:40 WIB
Presiden SBY melantik Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan RI yang baru di Istana Negara, Jumat 142 pukul 14.00 WIB. Lutfi dipilih untuk menggantikan Gita Wirjawan yang sudah resmi mengundurkan diri sejak beberapa waktu lalu.
Mendag RI Muhammad Lutfi (Foto: Istimewa)
Dubai -

Citra Indonesia sebagai negara yang menjanjikan dan kaya sumber daya manusia berdaya saing tinggi siap dipamerkan dalam rangkaian acara National Day di Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan lewat pagelaran seni dan budaya, National Day Indonesia akan memikat lebih banyak pengunjung untuk mengenal lebih dekat keunggulan yang ditawarkan Indonesia kepada dunia.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir untuk memberi sambutan dalam Indonesia National Day yang akan digelar di Al Wasl Plaza, World Expo 2020 Dubai. Jokowi akan menyaksikan langsung pertunjukan ini.

"Kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kepada dunia," ujar Lutfi dalam keterangannya di Dubai, Rabu (3/11/2021).

Lutfi menuturkan Indonesia akan tampil sebagai negara yang penuh pesona alam dengan sumber daya manusia berkualitas. Indonesia juga berpeluang menjadi salah satu dari 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan bonus demografi di tahun 2045.

"Khususnya dengan potensi yang dimiliki Indonesia seiring dengan persiapan menuju Bonus Demografi di tahun 2045, Indonesia berpeluang menjadi salah satu dari 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Peluang ini dibangun dari generasi-generasi muda yang bersiap menjadi sumber daya unggul," ujarnya.

Lutfi mengatakan acara National Day merupakan bagian rangkaian kegiatan Expo yang diberikan bagi 192 negara peserta untuk memamerkan budaya khasnya masing-masing. Indonesia National Day akan mengangkat tema "Land of Diversity". Ini untuk menunjukkan Indonesia sebagai bangsa yang beragam.

Lutfi melanjutkan, keragaman tersebut dapat dilihat dari segi warisan leluhur yang terdiri dari suku, budaya, dan bahasa yang ditunjukkan melalui pertunjukan yang memadukan tarian tradisional dan modern, serta pertunjukkan grafis. Keberagaman itu juga dituangkan dalam berbagai potensi yang dimiliki Indonesia di berbagai sektor, seperti perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Dijelaskan Lutfi, tema besar "Land of Diversity" diturunkan ke dalam tiga elemen, yaitu "Land of Majesty", "Land of Opportunity", dan "Land of Innovation". "Land of Majesty" menggambarkan kekayaan budaya Indonesia yang akan selalu menjadi kebanggaan negeri. "Land of Opportunity" menggambarkan potensi besar Indonesia untuk terus terbuka terhadap berbagai peluang dan memaksimalkannya demi kemajuan bangsa. Sedangkan "Land of Innovation" menggambarkan kesiapan negara untuk bertransformasi menuju Indonesia Emas 2045 yang akan menjadi tonggak perekonomian bangsa berkat adanya bonus demografi, yaitu saat mayoritas populasi berada di usia produktif.

Selengkapnya di halaman berikutnya