Operasi Besar-besaran Polisi Brasil, 25 Anggota Geng Perampok Bank Tewas

Mutia Safira - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 11:18 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
ilustrasi (Foto: AFP)
Jakarta -

Dua puluh lima anggota geng yang menjadi tersangka perampokan bank di Brasil tewas pada Minggu (31/10) waktu setempat, dalam operasi besar-besaran yang dilakukan polisi di negara bagian Minas Gerais.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (1/11/2021), kepolisian federal Brasil menyatakan "ada 25 penjahat yang tewas, dan tidak ada (polisi) yang cedera".

Disebutkan bahwa polisi menggerebek dua lokasi di mana "anggota geng kriminal yang berspesialisasi dalam merampok bank dan ATM" sedang mempersiapkan serangan terhadap beberapa cabang bank lokal.

Operasi polisi tersebut melibatkan 50 petugas bersama dengan polisi militer di dekat Kota Varginha.

Delapan belas tersangka dilaporkan tewas di lokasi pertama, sementara tujuh lainnya tewas di lokasi kedua. Hingga berita ini diterbitkan, identitas para tersangka tidak diungkapkan.

"Ini mungkin operasi terbesar kami melawan kejahatan semacam ini di negara ini. Banyak tersangka akan merampok bank dan terkejut dengan kinerja intelijen kami," ujar pejabat Polisi Militer, Kapten Layla Brunnela.

"Ketika kami memulai operasi, kami ditembak, sehingga militer perlu menanggapi serangan yang tidak diinginkan tersebut untuk melindungi diri mereka sendiri," tutur Letnan Kolonel Rodolfo Morotti Fernandes, Komandan Batalyon Operasi Khusus Polisi.

Senjata dalam jumlah besar disita, termasuk di antaranya senapan dan granat, serta beberapa kendaraan curian.