Round-Up

Kisah di Balik Foto Makan Pisang Bikin Turki Usir Imigran Suriah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 20:05 WIB
Perjuangan para imigran Suriah untuk hidup aman tanpa perang masih panjang. Setelah negara Turki kini mereka harus berjalan hingga Yunani demi hidup lebih baik.
Foto ilustrasi: Dok
Ankara -

Tujuh migran Suriah yang berada di Turki terancam diusir. Pengusiran itu dipicu dengan postingan media sosial yang menunjukkan para migran Suriah itu sedang memakan buah pisang.

Begini kisahnya.

Diketahui, Presiden Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Turki sekarang menjadi rumah bagi 5 juta pengungsi dan migran -- yang sebagian besar berasal dari Suriah yang dilanda konflik berkepanjangan.

Tentang Video Viral

Skandal terkait pisang ini berawal ketika sebuah video menjadi viral pada awal pekan ini yang menunjukkan seorang pria di Istanbul berteriak ke arah wanita muda Suriah dan menuduh para migran 'memiliki kehidupan yang lebih mudah daripada kita'.

"Saya tidak bisa makan pisang dan Anda membelikan mereka beberapa kilogram dari pasar," teriak pria yang tidak disebut identitasnya itu, saat kerumunan massa yang marah mengelilingi wanita Suriah itu.

Sejumlah warga Suriah di Turki merespons dengan melakukan aksi protes melawan diskriminasi, dengan beberapa memposting video yang menunjukkan mereka sedang makan pisang.

Pertikaian ini terjadi dua bulan setelah segerombolan pria menyerang toko-toko milik migran Suriah di Ankara.

Tindak kekerasan itu dipicu oleh perkelahian di jalanan di mana seorang migran Suriah diduga menikam seorang pria Turki hingga tewas.

Lihat juga video 'Erdogan Batal Usir 10 Dubes Negara Barat':

[Gambas:Video 20detik]