Poles Citra Publik, Anak Pendiri Taliban Muncul Pertama Kali di TV

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 16:32 WIB
Taliban Defence Minister Mohammad Yaqoob, the son of Taliban founder and late supreme leader Mullah Omar, appeared in public for the first time - Taliban Defence Ministry/AFP
Anak pendiri Taliban, Mohammad Yaqoob, yang juga Menhan Afghanistan (Taliban Defence Ministry/AFP)
Kabul -

Anak laki-laki dari pendiri Taliban, Mullah Omar, muncul di depan umum untuk pertama kalinya dalam acara yang disiarkan televisi lokal. Peristiwa ini terjadi saat kelompok Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan berupaya memoles citra publik mereka.

Seperti dilansir AFP, Kamis (28/10/2021), acara yang disiarkan televisi setempat itu menunjukkan Mohammad Yaqoob, yang menjabat Menteri Pertahanan Afghanistan, menarik para penguasa lokal untuk berinvestasi di rumah sakit dan klinik. Hal ini mengisyaratkan Taliban mulai muncul dari bayang-bayang.

Ayah Yaqoob, Mullah Omar, yang menjadi pemimpin tertinggi saat Taliban pertama berkuasa di Afghanistan dua dekade lalu, sangat jarang muncul di depan umum. Bahkan foto-foto Mullah Omar dilarang untuk dipublikasikan.

Bahkan ketika ulama bermata satu itu meninggal dunia tahun 2013 lalu, beritanya tidak dipublikasikan selama lebih dari dua tahun.

Namun sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan pada pertengahan Agustus, para Menteri dalam pemerintahannya mulai mengambil peran publik dan politik yang lebih terbuka dibanding sebelumnya.

"Mari kita kucurkan uang di sini, saudara-saudara pengusaha harus datang ke sini untuk membangun rumah sakit, klinik, dokter harus datang ke sini juga," ucap Yaqoob dalam acara di rumah sakit militer Sardar Mohammad Dawood Khan di Kabul.

Sektor kesehatan Afghanistan diketahui kolaps akibat perang dan perekonomiannya terhenti sejak Taliban berkuasa kembali, yang masih berada di bawah sanksi-sanksi internasional.

Simak juga '1 Jurnalis Tewas & 30 Kasus Kekerasan di Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]