Rio de Janeiro Cabut Aturan Wajib Masker di Luar Ruangan

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 11:33 WIB
Copacabana beach sits empty of visitors which is closed due to reinstated COVID-19 pandemic restrictions in Rio de Janeiro, Brazil, Saturday, March 20, 2021. (AP Photo/Lucas Dumphreys)
Ilustrasi -- Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil (dok. AP/Lucas Dumphreys)
Rio de Janeiro -

Para pencinta pantai di kota Rio de Janeiro, Brasil, akan senang setelah otoritas setempat mencabut aturan wajib masker di luar ruangan yang diberlakukan selama pandemi virus Corona (COVID-19). Pencabutan aturan wajib masker ini efektif berlaku pada Kamis (28/10) waktu setempat.

"Kami akan melonggarkan persyaratan mengenakan masker di luar ruangan, yang menjadi suatu hal yang perlu dirayakan," ucap Gubernur Rio de Janeiro, Claudio Castro, dalam pernyataan via Twitter, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/10/2021).

"Lebih dari satu setengah tahun setelah keadaan darurat publik terkait pandemi diberlakukan, ini adalah kemenangan penting bagi kita semua," imbuhnya.

Dewan legislatif negara bagian Rio de Janeiro meloloskan undang-undang yang menghapus aturan wajib masker pada Selasa (26/10) waktu setempat. Saat ini, masker masih diwajibkan untuk aktivitas di dalam ruangan (indoor) di tempat-tempat umum.

Selain mencabut aturan wajib masker di luar ruangan, kelab malam dan tempat konser di Rio de Janeiro juga akan diperbolehkan buka kembali dengan kapasitas setengahnya.

Sementara itu, ibu kota Brasilia berencana mencabut aturan wajib masker di luar ruangan mulai 3 November mendatang.

Brasil menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang mencatat angka kematian Corona tertinggi dengan melampaui lebih dari 600.000 kematian.

Setelah program vaksinasi dimulai, otoritas Brasil telah berhasil memvaksinasi penuh lebih dari separuh dari total 213 juta penduduknya. Tak hanya itu, setidaknya 72 persen populasi Brasil telah menerima satu dosis vaksin Corona.

(nvc/nvc)