Taiwan Ingatkan Konflik dengan China Akan Jadi Bencana Global

Mutia Safira - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 10:06 WIB
Bendera Taiwan
ilustrasi (Foto: Istock)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Taiwan mengingatkan konflik yang terjadi antara Taiwan dan China akan menjadi "sebuah bencana, tidak hanya untuk Taiwan, tetapi juga China dan seluruh dunia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (27/10/2021), dalam kunjungannya ke Slovakia, Joseph Wu, Menteri Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa China mungkin meningkatkan ketegangan dengan Taiwan untuk "mengalihkan perhatian domestik" dari ekonomi yang melambat dan permasalahan daya listrik.

Ketegangan meningkat ketika pesawat-pesawat militer China beberapa kali melakukan penyusupan udara di dekat wilayah Taiwan.

"Teori klasik rezim otoriter berbunyi, ketika terjadi krisis domestik, mereka akan membuat krisis eksternal untuk mengalihkan perhatian domestik," ujar Wu.

"Ini mungkin masalah yang perlu kita hadapi," ucap Wu dalam pidato sebuah acara yang diselenggarakan oleh Globsec, sebuah lembaga pemikir urusan internasional di Slovakia.

"Jika kalian melihat situasi China saat ini secara internal, ekonomi telah melambat dan sanksi Barat yang diberikan kepada China memberi dampak dan dalam beberapa bulan terakhir kami melihat bahwa ada kekurangan listrik yang serius," tuturnya.

"Situasi semacam ini mungkin dapat memicu pemimpin otoriter untuk berpikir terkait langkah eksternal untuk mengalihkan perhatian domestik," imbuhnya. "Ancaman itu ada dan semakin memburuk," cetus Menlu Taiwan itu.

Simak juga video 'China Sebut Taiwan Telah Salah Menilai Situasi':

[Gambas:Video 20detik]