16 Jemaah Tewas Ditembak Pria Bersenjata di Masjid Nigeria

Mutia Safira - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 18:03 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
ilustrasi (Foto: AFP)
Jakarta -

Para pria bersenjata menembak mati 16 jemaah dalam serangan di sebuah masjid di Nigeria tengah. Serangan ini menambah daftar kekerasan yang terjadi di wilayah tersebut.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (26/10/2021), pejabat pemerintah Nigeria menyatakan bahwa puluhan pria bersenjata yang menaiki sepeda motor telah menyerang desa Maza-Kuka di Distrik Mashegu, negara bagian Niger pada Senin (25/10) waktu setempat, melepaskan tembakan di sebuah masjid saat salat subuh.

"Para bandit menembak mati 16 orang di dalam masjid saat mereka sedang salat," ujar Ahmed Ibrahim Matane yang menjabat sekretaris pemerintah.

Dikatakannya, tiga jemaah lainnya terluka dalam serangan itu, salah satunya dalam kondisi kritis.

Lebih lanjut, Matane mengatakan satu orang lainnya tewas di desa Kaboji ketika orang-orang bersenjata tersebut melarikan diri dari daerah tersebut.

"Kami masih menyelidiki motif serangan itu dan kami telah mengirim personel militer dan polisi ke daerah itu," ujar Matane kepada AFP.

Seorang juru bicara polisi mengonfirmasi penembakan tersebut, tetapi tidak memberikan informasi secara detail.

Geng pencuri ternak dan penculik yang meminta tebusan, yang dikenal secara lokal sebagai bandit, telah menyebar teror pada masyarakat di barat laut dan tengah Nigeria di mana mereka menyerang desa, membunuh dan membakar rumah setelah melakukan penjarahan.

Walaupun mereka secara garis besar didorong oleh motif ekonomi, geng-geng tersebut telah disusupi para jihadis yang melakukan pemberontakan selama lebih dari 10 tahun di wilayah timur laut Nigeria.

Lihat juga video 'Militer Nigeria Mengabarkan Pemimpin ISIS Afrika Telah Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)