Kapal Kargo Terbakar di Lepas Pantai Kanada, Keluarkan Gas Beracun

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 09:30 WIB
Ships work to control a fire onboard the MV Zim Kingston about eight kilometres from the shore in Victoria, B.C., on Sunday, October 24, 2021. The container ship caught fire on Saturday and 16 crew members were evacuated and brought to Ogden Point Pier. (THE CANADIAN PRESS/Chad Hipolito/The Canadian Press via AP)
Kapal kargo Zim Kingston yang terbakar lepas pantai Kanada (THE CANADIAN PRESS/Chad Hipolito/The Canadian Press via AP)
Ottawa -

Sebuah kapal kargo yang membawa muatan kimia terbakar di lepas pantai Kanada yang masuk perairan Pasifik. Penjaga Pantai Kanada telah mengevakuasi 16 orang dari kapal kargo tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/10/2021), kebakaran yang melalap kapal kargo bernama Zim Kingston ini dilaporkan mengeluarkan gas beracun. Namun, otoritas Kanada menyatakan tidak ada risiko keamanan bagi orang-orang yang ada di daratan.

Menurut situs pelacakan MarineTraffic, kapal kargo ini tengah berlabuh di kota Victoria, British Columbia, Kanada, tepatnya di perairan Selat Juan de Fuca yang menandai perbatasan maritim antara Kanada dan Amerika Serikat (AS).

Kapal kargo tujuan Vancouver itu melaporkan adanya kebakaran pada kontainer-kontainer yang dibawanya, kepada Penjaga Pantai Kanada pada Sabtu (23/10) malam, sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

"Kapal itu terbakar dan mengeluarkan gas beracun," demikian pernyataan Penjaga Pantai Kanada dalam situsnya, seperti dikutip CBC News.

Penjaga Pantai Kanada, seperti dilaporkan CBC News, menyebut kapal kargo itu membawa muatan kimia lebih dari 52.000 kilogram yang ada di dalam dua kontainer yang terbakar.

Dalam pernyataan terpisah via Twitter, Penjaga Pantai Kanada menyebut 16 orang telah dievakuasi dari kapal kargo Zim Kingston 'setelah kebakaran terjadi terhadap 10 kontainer'.

"Kebakaran masih menjadi peristiwa yang dinamis dan sebuah Pos Komando Insiden telah dibentuk untuk mengatasi situasi," sebut Penjaga Pantai Kanada dalam pernyataan pada Minggu (24/10) pagi waktu setempat.

Simak juga 'Saat 2 Kereta Kargo di Kanada Bertabrakan, 1 Orang Luka Ringan':

[Gambas:Video 20detik]