Pertama Kali! Kapal Perang Rusia-China Gelar Patroli Gabungan di Pasifik

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 17:17 WIB
Rusia memperingati Hari Angkatan Laut dengan menggelar parade kapal perang, Minggu (26/7) waktu setempat. Parade kapal perang disaksikan langsung oleh Presiden Vladimir Putin.
Ilustrasi -- Kapal perang Rusia (dok. AP Photo)
Moskow -

Kapal-kapal perang Rusia dan China menggelar patroli gabungan di perairan bagian barat Samudra Pasifik. Patroli gabungan ini merupakan yang pertama kali dilakukan kedua negara.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/10/2021), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyebut patroli gabungan Rusia-China itu digelar pada 17-23 Oktober waktu setempat.

"Sekelompok kapal melewati Selat Tsugaru untuk pertama kalinya sebagai bagian dari patroli," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

Selat Tsugaru, yang memisahkan daratan utama Jepang dengan Pulau Hokkaido, ini dianggap sebagai perairan internasional.

"Tugas patroli itu adalah mengibarkan bendera Rusia dan China, menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik, dan mengawal subjek aktivitas ekonomi maritim kedua negara," imbuh pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Rusia dan China yang menggelar latihan kerja sama Angkatan Laut di Laut Jepang pada awal Oktober ini, telah menjalin hubungan militer dan diplomatik yang semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir ketika kedua negara sama-sama memiliki hubungan buruk dengan Barat.

Manuver Angkatan Laut kedua negara dipantau secara erat oleh Jepang, yang pada awal pekan ini mengungkapkan bahwa sekelompok 10 kapal militer dari China dan Rusia berlayar melintasi Selat Tsugaru.

Namun otoritas Jepang menegaskan tidak terjadi pelanggaran terhadap wilayah perairan Jepang dan tidak ada aturan internasional yang dilanggar dengan aktivitas kapal-kapal militer China dan Rusia itu melintasi Selat Tsugaru.

(nvc/idh)