Kebakaran di Pabrik Bahan Peledak Rusia, 15 Orang Tewas

Mutia Safira - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 16:23 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Setidaknya 15 orang tewas dalam kebakaran pada Jumat (22/10) di sebuah pabrik di tenggara Moskow, ibu kota Rusia. Pabrik tersebut memproduksi bahan peledak industri dan persenjataan.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (22/10/2021), rekaman video amatir yang beredar di media sosial Rusia menunjukkan barisan truk pemadam kebakaran dengan puing-puing yang terbakar di daerah berhutan dekat pabrik di desa Lesnoye, 300 kilometer (180 mil) dari Moskow.

Pemerintah wilayah Ryazan, tempat pabrik itu berlokasi, mengatakan "15 orang tewas dan satu orang mengalami luka bakar serius" dan berada dalam kondisi kritis. Disebutkan bahwa satu orang lagi belum ditemukan.

Dalam laman resminya pabrik tersebut mengatakan bahwa mereka memproduksi bahan peledak industri untuk penggunaan sipil, tetapi juga amunisi untuk sektor pertahanan serta generator gas untuk kapal selam.

Kementerian Darurat Rusia menyatakan pihaknya menerima laporan terkait kebakaran di pabrik itu pada pukul 08:22 waktu setempat.

Lebih lanjut kementerian mengatakan telah mengerahkan lebih dari 170 petugas penyelamat ke daerah itu.

Kepala pemerintahan setempat mengatakan pada kantor berita TASS, bahwa 17 orang berada di dalam pabrik pada saat kebakaran terjadi.

Di Rusia, kebakaran yang tidak disengaja sering terjadi, di mana ratusan kebakaran setiap tahun disebabkan oleh infrastruktur yang menua dan usang serta ketidakpatuhan terhadap standar keselamatan.

Bencana kebakaran terburuk Rusia terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di kota Kemerovo di Siberia pada tahun 2018, yang menewaskan 64 orang, termasuk 41 anak-anak.

Kasus kebakaran terbaru terjadi pada Desember 2020 yang menyebabkan 11 orang tewas di sebuah panti jompo di wilayah Ural, Bashkortostan, yang menurut para pejabat telah beroperasi melebihi batas kapasitas.

Lihat juga video 'Gudang Solar Ilegal di Jambi Terbakar, Butuh 4 Jam Padamkan Api':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)